BAB 1 - lnstalasi Debian Server - TeachMeSoft

BAB 1 - lnstalasi Debian Server

BAB 1 - lnstalasi Debian Server

Capaian dan Indikator


1 Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini mahasiswa diharapkan dapat:
  1. Mengenal Sistem operas) (SO) Debian Server
  2. Mengetahui cara instalasi SO Debian Server
  3. Menetahui aplikasi-apl ikasi server yang terdapat pada SO Debian Server"

2. Indikator

  1. Mampu mengenal  Sistem operasi (SO) Debian Server
  2. Mampu Mengetah ui cara instalasi SO Debian Server
  3. Mampu Menetah ui apl ikasi-aplikasi server yang terdapat pada SO Debian Server

Uraian Materi


Debian adalah sistem operasi free (dari kata freedom yang berarti kebebasan) untuk komputer anda.  Sistem  operasi  adalah  sekumpulan  program-program  dasar dan  berbagai uti litas yang diperl ukan kom puter anda untuk bisa bekerja .
Setting boot order pada BIOS nya dulu, kemudian masukkan DVD/Flashdisk Debian ke dalam PC lalu nyalakan PCnya. Maka, akan muncul tam pilan  seperti gambar dibawah ini .



"Kemudian ikutilah petunjuk dan tahapan-tahapan instalasi. Pada instalasi linux, biasanya user akan kesulitan dalam melakukan partisi, kalau hardisk ingin digunakan semua untuk Debian, maka silakan pilih Guided - use entrie disk, tetapi jika hardisk akan dibagi dengan Windows atau tidak digunakan semua, pilih menu Pilih Buat partisi baru. Yang perlu diingat bahwa dalam linux ada dua partisi yang wajib, yaitu root(/) dan swap. Ikuti terus tahapannya sampai pada pemilihan paket aplikasi . Hal ini lah yang membedakan dengan instalasi Debian versi  desktop, pada debian versi  server, terdapat  berbagai piliha aplikasi server yang ditawarkan, dan silakan dipilih sesuai kebutuhan.



Karena akan menginstall Debian sebagai server, hanya beberapa paket yang akan diinstall. Gunakan  tombol [ Space  ] (spasi) di keyboard untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan pilihan paket yang akan diinstall.



Hanya pilih SSH Server dan Perkakas sistem standar saja pada praktek ini. Tekan [ Enter ] untuk melanjutkan. Tunggu beberapa waktu hingga proses instalasi selesai, hingga muncul tampilan berikutnya.



Pilih <Ya>, lalu tekan [ Enter ].



Pilih perangkat (hard disk) untuk di install boot loader. Dalam hal ini hard disk satu-satunya adalah /dev/sda. Jika ada hard disk lain, pastikan pilih yang benar, yaitu hard disk yang dikaitkan dengan /tadi. Pilih /dev/sda dalam hal ini, lalu tekan [ Enter ].



Sampai tahap ini instalasi telah selesai. Pilih <Lanjutkan> untuk mengakhiri instalasi dan komputer akan direstart. Untuk selanjutnya akan masuk ke sistem yang baru diinstall. Pastikan CD/DVD media instalasi dikeluarkan. Sehingga saat komputer kembali dinyalakan tidak masuk lagi ke proses instalasi.



Tampilan GRUB Boot loader saat masuk ke sistem Debian yang baru d iinstall.



Ini adalah tampilan login, ibarat pintu masuk ke rumah yang baru dibuat. Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke sistem.

CATATAN! Kata sandi (password) di Linux lidak akan terlihat, jadi  ketikkan saja kata sandi-nya, lalu tekan [ Enter ]



Jika nama pengguna dan kata sandi yang diketikkan benar, Anda akan masuk ke sistem. Ditandai  dengan namapengguna@namahost: $, dalam hal ini nama pengguna saya adalah samsul dan nama host adalah debian-server.


Latihan


Anda diminta untuk menginstall SO Debian server dengan ketentuan :
  1. Buat partisi  10GB dan kaitkan ke/ (root partition)
  2. Pastikan ukuran partisi swap 2xRAM
  3. Buat partisi untuk /home dengan uK:uran paling maksimal
  4.  Buat juga partisi untuk /var dengan ukuran 30% dari partisi untuk /home





Disqus comments