Struktur Program di C++ - TeachMeSoft

Kamis, 08 November 2018

Struktur Program di C++

Struktur program di C++

Cara terbaik untuk belajar bahasa pemrograman adalah dengan cara memulai menulis program tersebut. Biasanya, program pertama yang ditulis adalah "Hello World", Meskipun sangat sederhana, program tersebut merupakan pelajaran dasar yang pasti dirasakan oleh setiap programmer C ++.

Berikut adalah program tersebut :
1
2
3
4
5
6
7
// Program pertamaku di C++
#include <iostream>

int main()
{
  std::cout << "Hello World!";
}

Tampilan saat running program :
Tampilan saat running program

Panel atas menunjukkan kode C ++ untuk program ini. Panel bawah menunjukkan hasil ketika program dijalankan oleh komputer. Angka hitam di sebelah kiri panel adalah nomor baris untuk memudahkan mendiskusikan program dan meneliti kesalahan. Angka tersebut bukan bagian dari program. Mari kita periksa program ini baris demi baris:
  • Baris 1: // Program pertamaku di C++
    Dua tanda garis miring menunjukkan bahwa sisa baris adalah komentar yang dimasukkan oleh programmer tetapi tidak berpengaruh pada perilaku program. Programmer menggunakannya untuk memasukkan penjelasan singkat tentang kode atau program. Dalam hal ini, ini adalah deskripsi pengantar singkat dari program.
  • Baris 2: #include <iostream>
    Baris yang dimulai dengan tanda pagar ( #) adalah arahan yang dibaca dan ditafsirkan oleh apa yang dikenal sebagai preprosesor . Itu adalah garis-garis khusus yang ditafsirkan sebelum penyusunan program itu sendiri dimulai. Dalam hal ini, arahan #include <iostream>, menginstruksikan preprocessor untuk memasukkan bagian kode C ++ standar, yang dikenal sebagai header iostream , yang memungkinkan untuk melakukan operasi input dan output standar, seperti menulis output dari program ini (Hello World) ke layar.
  • Baris 3: Baris kosong.
    Baris kosong tidak berpengaruh pada program.
  • Baris 4: int main ()
    Baris ini memulai deklarasi fungsi. Pada dasarnya, fungsi adalah sekelompok pernyataan kode yang diberi nama: dalam hal ini, ini memberikan nama "utama" ke grup pernyataan kode yang mengikuti. Fungsi akan dibahas secara rinci dalam bab selanjutnya, tetapi pada dasarnya, definisi mereka diperkenalkan dengan suksesi tipe ( int), nama ( main) dan sepasang tanda kurung ( ( ) ), opsional termasuk parameter.

    Fungsi yang dinamai main adalah fungsi khusus di semua program C ++; fungsi tersebutlah yang dipanggil ketika program dijalankan. Eksekusi program C ++ dimulai dari main fungsi.
  • Baris 5 dan 7: {dan}
    Kurung kurawal ( { ) pada baris 5 menunjukkan awal dari main definisi fungsi, dan tanda kurung kurawal ( } ) pada baris 7, menunjukkan akhirnya. Segala sesuatu di antara kurung ini adalah fungsi tubuh yang menentukan apa yang terjadi ketika main dieksekusi. Semua fungsi menggunakan Kurung kurawal untuk menunjukkan awal dan akhir dari sebuah program.
  • Baris 6: std::cout << "Hello World!";
    Baris ini adalah pernyataan C ++. Pernyataan adalah ekspresi yang benar-benar dapat menghasilkan efek. pernyataan Ini adalah tampilan dari sebuah program yang akan tampil, menentukan perilaku aktualnya. Pernyataan dieksekusi sesuai urutan yang ada dalam fungsi main.

    Pernyataan ini memiliki tiga bagian: Pertama, std::cout yang mengidentifikasi standard character keluar menempatkan perangkat (biasanya, ini adalah layar komputer). Kedua, operator penyisipan ( <<), yang menunjukkan bahwa keterangan yang mengikuti dimasukkan ke dalam std::cout. Terakhir, sebuah kalimat dalam tanda kutip ("Hello World!"), Adalah konten yang dimasukkan ke dalam output standar.

    Perhatikan bahwa pernyataan diakhiri dengan tanda titik koma (;). Karakter ini menandai akhir dari pernyataan. Semua pernyataan C ++ harus diakhiri dengan karakter titik koma. Salah satu kesalahan sintaksis yang paling umum di C ++ adalah lupa untuk mengakhiri pernyataan dengan titik koma.
Kamu mungkin memperhatikan bahwa tidak semua baris program ini melakukan tindakan ketika kode dieksekusi. Ada baris yang berisi komentar (dimulai dengan //). Ada garis dengan arahan untuk preprosesor (dimulai dengan #). Ada garis yang mendefinisikan fungsi (dalam hal ini, main fungsi). Dan, terakhir, sebuah garis dengan pernyataan yang diakhiri dengan tanda titik koma (penyisipan ke dalam cout), yang berada di dalam blok yang dibatasi oleh kurung kurawal ( { } ) dari main fungsi.

C ++ tidak memiliki aturan ketat pada indentasi atau tentang cara membagi instruksi dalam baris yang berbeda. Misalnya :

1
2
3
4
int main ()
{
  std::cout << " Hello World!";
}

semua dalam satu baris, dan ini akan memiliki makna yang persis sama dengan kode sebelumnya.

1
int main () { std::cout << "Hello World!"; }

Dalam C ++, pemisahan antara pernyataan ditentukan dengan tanda titik koma akhir ( ;), dengan pemisahan menjadi garis yang berbeda tidak penting sama sekali untuk tujuan ini. Banyak pernyataan dapat ditulis dalam satu baris, atau setiap pernyataan dapat di barisnya sendiri. Pembagian kode dalam baris yang berbeda hanya berfungsi untuk membuatnya lebih mudah dibaca dan skematis bagi manusia yang mungkin membacanya, tetapi tidak berpengaruh pada perilaku aktual program.

Sekarang, mari kita tambahkan pernyataan tambahan ke program pertama kami:

1
2
3
4
5
6
7
8
// Program ke-dua saya di C++
#include <iostream>

int main ()
{
  std::cout << "Halo Dunia! ";
  std::cout << "Saya adalah seorang Programmer C++ ";  
}

Dalam hal ini, program melakukan dua penyisipan std::cout dalam dua pernyataan berbeda. Sekali lagi, pemisahan dalam baris kode yang berbeda hanya memberikan keterbacaan yang lebih besar untuk program. Main dapat didefinisikan dengan sempurna dengan cara ini:

1
int main () { std::cout << " Halo Dunia! "; std::cout << " Saya adalah seorang Programmer C++ "; }

Kode sumber juga bisa dibagi menjadi lebih banyak baris kode sebagai gantinya:

1
2
3
4
5
6
7
int main ()
{
  std::cout <<
    "Hello World!";
  std::cout
    << "I'm a C++ program";
}

Dan hasilnya lagi akan persis sama seperti pada contoh sebelumnya. Arahan preprosesor (yang dimulai oleh #) berada di luar aturan umum ini karena bukan merupakan pernyataan. Itu adalah baris yang dibaca dan diproses oleh preprocessor sebelum kompilasi yang tepat dimulai.





Disqus comments