TERUNGKAP !! Begini Cara Dosen Mengecek Tugas atau Laporan Mahasiswa - TeachMeSoft

TERUNGKAP !! Begini Cara Dosen Mengecek Tugas atau Laporan Mahasiswa



Assalamualaikum teman-teman...
Sebenarnya saya tidak terlalu memperdulikan bagaimana cara Dosen mengecek tugas para mahasiswanya, yang saya pikirkan hanya kumpulin tugas dan istirahat, tapi suatu ketika ada mata kuliah yang saya ikuti membahas salah satu cara dosen mengecek tugas/ laporan mahasiswanya.

Wah !... Menarik ini, disni saya mulai berfikir dan bertanya-tanya, "oh iya ya...Kenapa ada mata kuliah praktek A meminta laporan hasil print dan soft file sedangkan dilain sisi ada juga mata kuliah praktek B yang hanya meminta soft file saja".

Saya mulai terngiang-ngiang dan akhirnya terjawablah sudah...Jadi, begini teman-teman... sependek pengetahuan saya, rata-rata Dosen yang ber-background IT banyak menggunakan teknik ini, Eeeiitss....tungu dulu, bukan cuma dosen IT saja, dosen dari jurusan lain juga banyak menggunakan teknik ini.

Pertama, tugas teman-teman yang sudah terkumpul tersebut akan di cek melalui software pengelolah dokumen seperti Microsoft Word. Untuk mengeceknya Buka Word ⇒ File ⇒ Info.


Perhatikan gambar diatas, dibagian Info inilah tugas teman-teman akan kelihatan semuanya.
  1. Kolom no 1, berisikan informasi antara lain : 17 halaman, 1963 kata dan total waktu editing 424 menit, jika dikonversi ke jam akan menjadi 7,06 jam. Contoh apabila dengan jumlah kata yang sama, kemudian dengan total waktu editing-nya hanya 3-5 menit, bisa disimpulkan tugas teman-teman 100% mencurigakan alias bisa ketebak Copy-paste or Plagiarism.
  2. Kolom no 2, disini terdapat informasi waktu dari awal teman-teman membuat dokumen sampai waktu memodifikasinya.
  3. Kolom no 3, berisi tentang informasi pembuat dokumen, biasanya nama pembuat dokumen pertama kali tidak bisa diganti dan disini jugalah Dosen menemukan nama Last Modified By yang berganti-ganti.
Dari informasi diatas apa yang teman-teman pikirnya ketika menemukan informasi seperti gambar dibawah ini ?... teman-teman pasti akan berfikir ini 100% Copy-paste or Plagiarism.


Solusinya :
  • Total Editing Time, teman-teman bisa membuat waktu semakin lama, dengan cara tidak menutup file tersebut saat selesai editing, karena semakin lama dokumen terbuka maka semakin lama pula waktu editing-nya.
  • Relate Date, mengekor dari waktu diatas.
  • Related People, karena author-nya tidak bisa diganti, teman-teman bisa mengubahnya dengan cara buka dokumen baru dan copy file ke dokumen baru tersebut. dengan begitu Last Modified by tidak bisa membacanya.


PENTING ! 
  • Cara ini hanyalah salah satu cara Dosen mengecek tugas/ laporan para mahasiswanya, tentunya masih banyak lagi cara-cara yang lain.
  • Gunakan pengetahuan diatas bukan untuk CURANG.

Disqus comments