Penjelasan Software Pengelola Angka & Power BI - APTI 1 - TeachMeSoft

Penjelasan Software Pengelola Angka & Power BI - APTI 1

Penjelasan Software Pengelola Angka & Power BI - APTI I


Materi


Pengelolaan lembar kerja :
  • Sheet, sel, range
  • Font, alignment, number, editing, page setup
Fungsi :
  • Sum(range)
  • Min(range) dan Max(range)
  • Average(range)
  • If(pernyataan; jika pernyataan benar; jika pernyataan salah)
  • And/or(pernyataan; penyataan;…)
  • Left/right(text; jumlah karakter)
  • Mid(text; mulai karakter ke; jumlah karakter)
  • Hlookup/vlookup(alamat sel; alamat table; no baris/kolom)
Grafik
  • Insert, charts

Power BI: Data sets, Report dan dashboard

Power business Intelligence (Power BI)
Power BI adalah perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk mengelolah data dan memvisualisasikan dalam bentuk yang menarik dan interaktif. Visualisasi data dalam Power BI tidak hanya dalam bentuk report tapi juga dalam bentuk dashboard.
Icon power BI
Ikon Power BI
Gbr : powerbi.microsoft.com
Pada table diperlihatkan contoh data penjualan barang, berupa kode barang, waktu, kota serta jumlah penjualan. Dengan sajian data seperti yang diperlihatkan pada tabel 1 pemilik data akan kesulitan untuk mengetahui jumlah penjualan barang berdasarkan kode barang, waktu maupun kota penjualan.

Power BI akan menyelesaikan kebutuhan informasi pemilik data dengan visualisasi yang sangat baik. Untuk memvisualisasikan data agar diperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan penggunan, dilakukan langkah-langkah seperti diperlihatkan pada gambar 1 dan gambar 2.
Contoh Data Penjualan Barang
Tabel 1. Contoh Data Penjualan Barang
Tampilan Hasil Get Data
Gambar 1 Tampilan Hasil Get Data
Tampilan Hasil Visualisasi Data Penjualan
Gambar 2 Tampilan Hasil Visualisasi Data Penjualan


Soal Latihan


Desainlah 7 buah sheet untuk membuat laporan penerimaan perusahaan selama 6 bulan. Sheet 1-6 akan merekam data untuk masing-masing bulan, sedangkan sheet k3 7 untuk merekam total penerima selama 6 bulan. Format untuk masing-masing bulan adalah sbb:


Untuk sheet ke 7 digunakan untuk membuat total penerimaan. Pada sheet k3 7 itujuga dituliskan total penjuala, rata-rata penjualan masing-masing barang, penjualan max, penjualan min dan berilah tanda barang yang penjualannya selalu meningkat Format sheet ke 7 sbb :

Buatlah grafik batang yang menampilkan rata-rata penjualan.


Tugas


  1. Berikan penjelasan, bilamana/kapan grafik bertipe batang dan lingkaran saudara gunakan, berikan penjelasan dan contohnya, tunjukkan mana yang sesuai untuk dibuat grafik batangnya dan mana yang sesuai dibuat grafik lingkarannya ?
  2. Carilah web site yang di dalamnya terdapat informasi berupa table (tuliskan alamat wbe site tersebut). Lakukan visualisasi data dengan mengguankan Power BI data dalam table tersebut. Berikan penjelasan bagaimana saudara melakukannya dan tuliskan informasi apa saja yang dapat saudara peroleh.



Disqus comments