Catatan English For Presentation Pertemuan Ke-1-14 - TeachMeSoft

Catatan English For Presentation Pertemuan Ke-1-14




Pertemuan 1

Jum'at, 20 September 2019


Tidak masuk



Pertemuan 2

Jum'at, 27 September 2019


Dosen: Dyah Makaromah
- Suka mojok untuk membaca buku

1) Introduction (Perkenalan)
2) Scoring system (Sistem penilaian)
3) Presentation Preparation (Persiapan Presentasi)
    ↪ Objective (objektif: tujuan/sasaran)
    ↪ Audience (hadirin)
    ↪ Venue (lokasi)
4) Assigmen (tugas)
. . . ⇛ ada sampai 7


Preparation
  1. Master the material (menguasai materi
  2. Maximal perform (Performa maksimal)
  3. Good score (nilai bagus)
  4. Interesting (menarik)


Scoring system
  1. Test (final + mind)
    final = UAS
    mind = UTS
  2. Presente + Participation
    Participation dibagi 3:
    1) discussion
    2) As Audience
    3) Final Presentation
    ketiga materi bernilai 30%
  3. Project
    kemungkinan bisa home assigment
  4. T.H Assigment quiz



Presentasi ada 3
  1. Inform (memberitahuakan/ menginformasikan)
    /ɪnˈfɔːm/ 
  2. Persuade (membujuk/ meyakinkan)
    /pəˈsweɪd/
  3. Promotion (memberikan keungulan)
    /prəˈməʊ.ʃən/

Tugas membuat
3 inform
3 persuade
3 Promotion
Jadi totalnya 9 (sebagai tiket masuk)

Agama tidak boleh dijadikan hobi karena sudah menjadi sebuah ibada atau kewajiban

Jawab:
Inform

  1. Dampak Gadget pada anak usia dini
    Assalamualaikum bapak ibu
    Di era ini hampir setiap anak usia dini menggunakan hp,baik untuk menonton film, game atau media pembelajaran.
    yang tentunya dapat berdampak positif ataupun negatif oleh karena itu.
    Dampak positif anak bisa melajar lebih cepat, memiliki pengetahuan lebih luas, dll
    dampak negatif
    jika tidak diwasi oleh orang tua maka dapat berdampak pada kesehatan anak sepertirusakanya mata dikarenakan radiasi gadget,
    menjadi induvidualis
    dll.
    oleh karena itu pengontrolan penggunaan gadget terhadap anak perlu dilakukan demi tumbuk kembang anak.
    hindari penggunaan gaget untuk anak dibawah 6 tahun, umur tersebut lebih baik digunakan untuk interaksi dengat teman-teman sebayanya atau orang lain.
  2. Pendidikan seks anak usia dini
    Kekerasan seksual yang menimpa siswa PAUD/TK Jakarta International School beberapa waktu yang lalu menyadarkan kita akan pentingnya mengembangkan materi pendidikan seks untuk anakusia dini

    Pendidikan seks pada anak usia dini bukan mengajarkananakuntukmelakukan seks bebas ketika mereka dewasa kelak. Pendidikan seks dimaksudkan agar anak memahami akan kondisitubuhnya, kondisitubuh lawan jenisnya,serta menjaga dan menghindarkan anak dari kekerasan seksual. Pendidikan seks anak usia dini dapatdimulai darihalyangsederhana, yaitu (1) mengenalkan anatomi tubuh; (2) mengenalkan cara berkembangbiak makhluk hidup (manusia dan binatang);(3) mengajari anak untuk membersihkan alat genitalnya dengan benar setelah buang air kecil (BAK) maupun buang air besar (BAB), dan lain-lain. Selanjutnya, materi ini dimasukkan dalam topik-topik sebagai berikut: (1) Aku dan Pakaianku; (2) Keluarga dan Orang di Sekitarku, dan (3) Cara Merawat dan Menjaga Tubuh.

    Penyampaiantiga materi antara lain “Aku dan Tubuhku”, “Cara Merawat dan Menjaga Tubuh” ini tidak mudah. Hal itu disebabkan tiga materi ini menyentuh pada hal-hal yang sensitif dan selama ini dianggap tabu untuk dibicarakan secara terbuka. Oleh karena itu, guru dan orang tua perlu mempertimbangkan aspek kearifan lokal dalam menyampaikannya. Tema yang perlu perhatian dan kehati-hatian dalam menyampaikannya adalah “Cara Merawat dan Menjaga Tubuh”.Materiini memberi pemahaman pada anak usia dini tentang bagaimana merawat (yang terkait dengan kebiasaan membersihkan) dan menjaga organ vital anak dari orang-orang yang tidakbertanggungjawab(pedofil).Guru dan orang tua bisamenggunakan media khusus (seperti boneka) agar materi yang disampaikan dapat diterima oleh anak. Jika penjelasan tersebut masih belum memadai, guru atau orang tua bisa mengembangkan cara lain, yakni dengan mengembangkan materi menjaga tubuh ke dalam cerita animasi.
  3. Dampak minuman beralkhohol bagi kesehatan
    Maraknya minuman keras (Miras) yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia, kini semakin meresahkan dengan munculnya fenomena Miras oplosan yang telah merenggut banyak korban. Berkaitan tersebut, Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI, dr. Eka Viora, Sp.J (K), menjelaskan bahwa jenis alkohol pada Miras oplosan berbeda dengan minuman beralkohol yang biasa dikonsumsi manusia. Kandungan minuman beralkohol yang biasa dikonsumsi manusia adalah etil alkohol atau etanol yang dibuat melalui proses fermentasi dari madu, gula, sari buah, atau ubi-ubian. Sementara yang terkandung dalam Miras oplosan bukanlah etanol melainkan metyl alkohol atau metanol. Metanol biasanya dipakai untuk bahan industri sebagai pelarut, pembersih dan penghapus cat. Metanol dapat ditemukan dalam tiner (penghapus cat) atau aseton (pembersih cat kuku). Tanpa dicampur apapun, metanol sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian. Apalagi dicampur dengan berbagai bahan lain yang tidak jelas jenis dan kandungannya. Metanol bila dicerna tubuh akan menjadi formaldehyde atau formalin yang beracun, berbahaya bagi kesehatan. Reaksinya dapat merusak jaringan saraf pusat, otak, pencernaan, hingga kasus kebutaan, terang dr. Eka Viora. Selaras dengan hal tersebut, Kasubdit Inspeksi Produksi dan Peredaran Produk Pangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Chairun Nissa, Apt., MP, menyatakan bahwa pihaknya menemukan miras oplosan yang dicampur dengan suplemen minuman berenergi dan minuman alkohol tradisional seperti tuak. Namun yang lebih mengejutkan ada miras yang dioplos dengan obat nyamuk cair. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Danardi Sosrosumihardjo, Sp.J (K) menyatakan bahwa pada dasarnya kebiasaan minum minuman beralkohol sangat merugikan kesehatan. Terlalu banyak konsumsi alkohol sendiri dapat menurunkan kemampuan berpikir dan gangguan perilaku. Jika konsumsi berlebihan, bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran, kejang, hingga meninggal dunia. Penyakit serius lainnya yang disebabkan oleh alkohol diantaranya, tukak lambung, kerusakan pada hati, hingga komplikasi gangguan psikiatri berat.
promotion
  1. Produk kosmetik Halal, Aman dan Berkualitas
    Ass
    Warda merupakan produk kosmetik muslimah yangp telah terdaftar di Bada pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta telah memiliki setifikasi kehalalan dari LPPOM MUI. 9 (sembilan) dari 10 (sepuluh) muslimah cocok menggunakan produk ini. Warna sangat berpengalaman sejak 1995.
  2. Ac Inverter
    Ac inverter adalah ac yang menggunakan teknologi inverter dan Variabel frequency, yang berfungsi sebagai pengatur kecepata motor kompresor, supaya pengatur suhu ruangan selalu stabil dan  menghemat daya listrik. Ac inverte tidak menggunakan freon r410a dan suara kompresor lebih halus sehingga lebih ramah lingkungan
  3. Yakult
    Yakult adalah suplemen makanan berbentuk minuman probiotik. Yakult mengandung bakteri baik Lactobacillus casei shirota strain, yang biasanya juga hidup secara alami dalam usus manusia
    Lactobacillus casei digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, sindrom iritasi usus (IBS), peradangan usus (IBD), dan gangguan pencernaan yang disebabkan infeksi bakteri Helicobacter pylori. Lactobacillus casei juga digunakan untuk mencegah flu dan pilek pada orang dewasa, dan untuk mencegah infeksi pernapasan pada anak-anak. Secara keseluruhan, Yakult membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sekaligus membangun dan menjaga daya tahan tubuh. Harga yakul sangat terjangkau.
Persuade
  1. Eco bag pengganti kantong plastik
    Diet kantong Plastik memang menjadi jurus ampuh dalam mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan dari membludaknya sampah plastik di Indonesia.
    plastik baru dapat terurai dalam jangka waktu yang sangat lama, antara 500 hingga 1000 tahun
    ebruari 2016 lalu pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pengaturan penggunaan kantong plastik berbayar bagi masyarakat yang berbelanja di pasar, peritel kecil hingga mall. Para konsumennya diwajibkan untuk membayar Rp 200,- untuk setiap kantong plastik yang digunakannya. Langkah ini terbilang sangat tepat, selain memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dari sebaran sampah plastik juga membiasakan masyarakat untuk diet plastik setiap kali berbelanja.
    https://citrarayacity.coLalu, apa lagi yang mesti dilakukan? Diibaratkan, untuk menerapkan kecintaan terhadap lingkungan haruslah dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga barulah ke lingkungan sekitarnya. Seperti yang tertuang dalam progran EcoCulture, dimana program yang digagas oleh Grup Ciputra pada 2011 ini, menjadi sebuah perwujudan perusahaan dalam mendukung gerakan ramah lingkungan. Ada banyak program yang didedikasikan untuk meningkatkan arti pentingnya menyelamatkan dan melestarikan alam di tengah-tengah ancaman dampak pemanasan bumi (Global Warming) dan bencana alam. Untuk itu, program EcoCulture sebagai cerminan dan budaya hidup bersih dalam setiap diri masyarakatnya akan dengan sangat mudah membiasakan diri untuk menerapkan budaya diet kantong plastik setiap kali berbelanja. Lebih bijak lagi jika setiap kali berbelanja dengan menggunakan tas kain / eco bag (tas ramah lingkungan)..id/ayo-gunakan-eco-bag-pengganti-kantong-plastik/
  2. Gas LPG untuk solusi masalah minyak tanah
    Dewas ini harga minyak tanah semakin hari semakin meningkat ditambah sangat susah untuk memperoleh minyak tersebut, karena kelangkaan minyak tersebut maka pemerintah memberikan solusinya yaitu Gas LPG 3g yang telah disubsidikan.
  3. Sampah salah satu faktor penyebab Banjir
    Banyaknya sampah disetai curah hujat pada bulan-bulan tertentu mengakibatkan aliran air tersumbat oleh sampah, oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk tidak lagi membuat sampa sembarangan terutama dikali. Pemprov telah menyediakan beberpa tempat sampah baru untuk menghindari kejadian ini terulang kembali



Sumber jawaba:
https://media.neliti.com/media/publications/87198-ID-model-dan-materi-pendidikan-seks-anak-us.pdf
http://digilib.unila.ac.id/27131/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf


 Perbedaan Miss, Mrs, Mam
  • Miss digunakan untuk sapaan bagi seorang perempuan yang belum menikah namun cukup di hormati, dalam bahasa indonesia miss bisa diartikan sebagai nona.
  • Mrs merupakan bentuk panggilan dalam bahasa inggris yang menjelaskan tentang seorang perempuan yag sudah menikah dan di letakkan di depan nama orang yang kita sapa, Mrs biasanya digunakan untuk memanggil orang-orang yang memiliki jabatan dan kita hormati, seperti Guru, dosen, pegawai bank dan lain sebagainya.
  • Ms merupakan salah satu sapaan dalam bahasa inggris, yang kita dapat membacanya dengan ejaan ‘mes’, Ms dapat berarti nona atau ibu diletakkan di depan nama keluarga. Ms sering dipakai untuk memanggil seorang wanita yang belum terlalu dikenal.
  • Ma’am merupakan bentuk panggilan dalam bahasa inggris, ma’am memiliki arti nona atau ibu namun digunakan untuk percakapan yang sangat resmi. Ma’am merupakan bentuk singkatan dari madam/mem.



  • What about : Bagaimana dengan
  • No way : tidak mungkin; sama sekali tidak
  • Speak up : berbicara
  • you know : kamu tahu
  • Spend : menghabiskan atau mengeluarkan
  • As: sebagai; seperti
  • Ask: Meminta; bertanya
  • Term: syarat-syarat; Istilah
  • Explain: Menjelaskan
    /ɪkˈspleɪn/
  • Indent : pembelian barang dng cara memesan dan membayar lebih dahulu
  • Also: juga; pun
    /ˈɔːl.səʊ/ 
  • Else : lain
    /els/
  • Speak it up : Bicaralah
  • Subject : subyek; pokok; persoalan; pelaku
    /ˈsʌb.dʒekt/
  • Workbook : buku kerja/ modul dalam perkuliahan teori
  • Framing: membingkai
    Framing adalah membingkai sebuah peristiwa, atau dengan kata lain framing digunakan untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan wartawan atau media massa ketika menyeleksi isu dan menulis berita.
  • Pig: Babi
  • Hog : Anak Babi
  • Actually : sebenarnya
    /ˈæk.tʃu.ə.li/
  • More than : Lebih dari
  • Less than : Kurang dari
  • Educational home base : Pangkalan pendidikan rumah
  • This is not father university : Ini bukan universitas ayah



Sumber :
  • https://www.sekolahbahasainggris.co.id/perbedaan-miss-mrs-maam-dan-ms-dalam-panggilan-bahasa-inggris-dan-contohnya/


Pertemuan 3

Jum'at, 4 Oktober 2019


Presentation Preparation

  1. Objective (objektif/ tujuan/ sasaran)
    /əbˈdʒek.tɪv/
  2. Audience (hadirin)
    /ˈɔː.di.əns/
  3. Venue (lokasi/ tempat kejadian)
    /ˈven.juː/
  4. Timer (pengaturan waktu)
    /ˈtaɪ.mər/
  5. Method (metode/ cara)
    /ˈmeθ.əd/
  6. Content (konten/ isi)
    /kənˈtent/
  7. Length (panjangnya/ durasi)
    /leŋθ/
  8. Structure (struktur)
    /ˈstrʌk.tʃər/
  9. Rehearsal (latihan/ repetisi)
    /rəˈhɜː.səl/



Audience (hadirin)



  1. Point of view and thought
    sudut pandang dan pemikiran
  2. Level of education
    tingkat pendidikan


  • thought (pikir/ pemikiran)
    /θɔːt/




3 Venue (lokasi/ tempat kejadian)


Sitting Arrangement (pengaturan tempat duduk)


  • Sitting (duduk)
  • Classical (klasik)
    /ˈklæs.ɪ.kəl/
  • Arrangement (pengaturan/susunan)
    /əˈreɪndʒ.mənt/ 




4 Timer (pengaturan waktu)

jika waktunya

  • Afternoon
    the earlier time, the presenter and audience still full energy
    sebelumnya, presenter dan audiens masih penuh energi
  • Morning
    the later time, audience have less attention and sleepy
    di kemudian hari, audiens kurang perhatian dan mengantuk
  • etc


  • Afternoon (sore)
    /ˌɑːf.təˈnuːn/
  • earlier (dini/wala/pagi-pagi/sebelumnya/terdahulu)
    /ˈɜː.lier/
  • less (kurang)
    /les/
  • sleepy (ngantuk)
    /ˈsliː.pi/ 


5 Method (metode/ cara)



  1. Structure (struktur)
    Semua harus terstruktur/semua harus diucapkan
    contoh:
  2. Guided
    Pemandu
    contoh:
    Only write the main point as the guide
    Hanya tulis poin utama sebagai panduan
  3. Impromptu (mendadak)
    1) For expert
    2) Has only staff/step time to prepare
    3) may not use slides or notes
    mungkin tidak menggunakan slide atau catatan


  • Guided 
  • /ɡaɪd/
  • Impromptu (mendadak)
    /ɪmˈprɒmp.tʃuː/
  • expert
    /ˈek.spɜːt/



6 Content (konten/ isi)


kandungan isi


7 Length (panjangnya/ durasi)


  1. Median
  2. Quiz for audience
  3. Content will be longer



8 Structure (struktur)


  1. Opening
  2. Core/ content
    conclusion & Q&A, digolongkan didalam content, posisi diakhir konten.
  3. Closing


  • conclusion  (kesimpulan)
    /kənˈkluː.ʒən/
  • answer (menjawab)
    /ˈɑːn.sər/

9 Rehearsal (latihan/ repetisi)



  1. With our self/ individual (latihan dgn diri sendiri)
    In front of the mirror
    1) Facial expression (raut wajah)
    /ˈfeɪ.ʃəl  ɪkˈspreʃ.ən/
    2) Body language (bahasa tubuh)
    /ˈbɒd.iˈlæŋ.ɡwɪdʒ/
    3) Confident (percaya diri)
    /ˈkɒn.fɪ.dənt/
  2. With other person (dengan orang lain/teman)
    1) Response (tanggapan)
    /rɪˈspɒns/
    2) Suggestion (saran)
    /səˈdʒes.tʃən/
    3) Encouragement (mendorong)
    /əˈreɪndʒ.mənt/
    menyemangati teman untuk bangkit kembali




Tugas nanti
merumuskan
Tips and trick for a good presentation





Pertemuan 4

Jum'at, 11 Oktober 2019








Pertemuan 5

Jum'at, 18 Oktober 2019










Pertemuan 6

Jum'at, 25 Oktober 2019








Pertemuan 7

Jum'at, 1 November 2019








Pertemuan 8

Jum'at, 8 November 2019








Pertemuan 9

Jum'at, 15 November 2019








Pertemuan 10

Jum'at, 22 November 2019








Pertemuan 11

Jum'at, 29 November 2019








Pertemuan 12

Jum'at, 6 Desember 2019








Pertemuan 13

Jum'at,13 Desember 2019








Pertemuan 14

Jum'at, 20 Desember 2019













Disqus comments