Glosarium arduino - TeachMeSoft

Glosarium arduino

Glosarium arduino


Glosarium arduino


A



AREF 

- Analog REFerence (
REFERENSI Analog): tegangan maks referensi untuk konverter Analog ke Digital. Mengubah AREF memungkinkan untuk menggunakan resolusi ADC yang terbaik, terutama untuk tegangan rendah. Biasanya AREF tidak bisa lebih besar dari tegangan suplai sirkuit ADC.



ATSAMW25 - 

Modul SAM W25 didasarkan pada inti Wi-Fi WINC1500 dari Atmel yang dikombinasikan dengan teknologi mikrokontroler berbasis ARM® Cortex® -M0 + dari Atmel. Ini memungkinkan untuk membangun solusi berdaya rendah untuk Internet of Things.



Accelerometer - Akselerometer :

Sebuah sensor yang mengukur akselerasi. Terkadang, mereka digunakan untuk mendeteksi orientasi, atau memiringkan.



Access Point (Jalur akses) - 

Perangkat WiFi yang terhubung ke jaringan fisik dan memungkinkan untuk mengakses LAN melalui koneksi nirkabel. Biasanya mengurus otentikasi dan penugasan alamat IP.



Actuator (Aktuator) -

 
Jenis komponen yang mengubah energi menjadi gerak. Motor adalah jenis aktuator listrik.



Alternating current (Arus bolak-balik) -

 
Jenis arus di mana listrik berubah arah secara berkala. Ini adalah jenis listrik yang keluar dari stopkontak.



Amperage (Amp atau Ampere) -

Jumlah muatan listrik yang mengalir melewati titik tertentu di sirkuit Anda. Menjelaskan arus saat mengalir melalui konduktor, seperti kawat.



Analog

Sesuatu yang dapat terus berubah dari waktu ke waktu.



Analog-to-Digital Converter (ADC)Konverter Analog-ke-Digital (ADC) 

Sirkuit yang mengubah tegangan analog menjadi angka digital yang mewakili tegangan itu. Sirkuit ini built-in ke mikrokontroler, dan terhubung ke pin input analog papan Arduino.



Anode (Anoda) -

 
Ujung positif dari dioda (ingat bahwa LED adalah jenis dioda).



Argument (Argumen) -

 
Jenis data yang disuplai ke suatu fungsi sebagai input. Misalnya, untuk digitalRead () untuk mengetahui pin apa yang harus diperiksa, dibutuhkan argumen dalam bentuk nomor pin.



Array (Himpunan) - 

Dalam pemrograman, ini adalah sekelompok variabel yang diidentifikasi oleh satu nama, dan diakses oleh nomor indeks.

B



Back-voltage (Tegangan balik) -

 
Tegangan yang mendorong kembali terhadap arus yang membuatnya. Itu dapat dibuat oleh motor yang berputar ke bawah. Ini dapat merusak sirkuit, itulah sebabnya dioda sering digunakan bersama dengan motor (Free-wheel diode).



Baud -

 
Singkatan dari "bits per second (bit per detik)", menandakan kecepatan di mana dua perangkat berkomunikasi.



Binary (Biner) -

 
Hanya dua kondisi yang dimungkinkan, seperti true / false atau off / on.



Bit -

 
Sepotong informasi terkecil yang dapat dikelola perangkat digital.



Boolean -

Tipe data yang menunjukkan sesuatu biner.



Bootloader -

Bootloader adalah potongan kode khusus yang dijalankan mikrokontroler saat power-up atau dalam kondisi tertentu dan menangani pemuatan kode ke dalam memori Flash. Jika Bootloader tidak menerima permintaan unggahan oleh tuan rumah, ini akan meneruskan eksekusi ke sketsa pengguna.

C



Calibration (Kalibrasi) - 

Proses melakukan penyesuaian ke nomor atau komponen tertentu untuk mendapatkan hasil terbaik dari rangkaian atau program. Dalam proyek Arduino, ini sering digunakan ketika sensor di dunia nyata dapat memberikan nilai yang berbeda dalam keadaan yang berbeda, misalnya jumlah cahaya pada photoresistor. Kalibrasi dapat dilakukan secara otomatis atau manual.



Capacitance (Kapasitansi) - 

Kemampuan suatu material untuk menahan muatan listrik.



Cathode (Katoda) -

 
Ujung negatif dari dioda.



Circuit (Sirkuit) -

 
Jalur melingkar dari catu daya, melalui beban, dan kemudian kembali lagi ke ujung catu daya lainnya. Arus mengalir dalam suatu rangkaian hanya jika ditutup, yaitu, jika jalur keluar dan kembali keduanya tidak terganggu (atau tertutup). Jika salah satu jalur terputus (atau terbuka) maka arus tidak akan mengalir melalui rangkaian.



Common cathode LED (LED katoda umum) -

 
Jenis LED yang memiliki banyak warna dalam satu fixture, dengan satu katoda dan beberapa anoda.



Conductor (Konduktor) -

 
Bahan yang memungkinkan listrik mengalir, seperti kawat tembaga.



Constant (Konstan) -

 
Identifier bernama yang tidak dapat mengubah nilainya dalam suatu program.



Cryptochip -

 
CryptoChip adalah chip perangkat keras yang menangani semua perhitungan yang diperlukan oleh standar kriptografi modern. Mereka bekerja dengan MCU apa pun, sangat hemat biaya, hanya membutuhkan GPIO tunggal, dan menggunakan daya yang sangat sedikit. Protokol tingkat lanjut seperti verifikasi tanda ECDSA (otentikasi asimetris) dan ECDH (perjanjian utama dalam pengaturan enkripsi / dekripsi) dibuat di dalamnya yang membuat penambahan keamanan canggih menjadi mudah.



Current (Arus) -

 
Aliran muatan listrik melalui rangkaian tertutup. Diukur dalam Amps.

D



DAC -

Digital to Analog Converter adalah rangkaian yang mengubah nilai digital menjadi tegangan analog. Ini digunakan dalam bidang seperti audio dan musik untuk membuat suara dari nilai digital. Resolusi bit DAC mengekspresikan kapasitasnya untuk mendekati nilai dengan presisi. Resolusi yang lebih tinggi berarti perkiraan yang lebih baik.



DMA -

Direct Memory Access adalah teknologi yang memungkinkan periferal untuk mengakses langsung area memori tanpa intervensi CPU. Ini meningkatkan throughput beberapa transfer pada antarmuka seperti SPI atau DAC.



Datasheet (Lembaran data) -

Dokumen teknis yang menjelaskan fungsionalitas komponen. Informasi umum dalam lembar data mencakup tegangan dan arus maksimum yang dibutuhkan komponen, serta penjelasan tentang fungsionalitas pin.



Datatype (Tipe data) -

Sistem klasifikasi yang menentukan nilai apa yang akan dipegang oleh konstanta, variabel, atau array tertentu. Int, float, long dan boolean adalah semua jenis yang dapat digunakan dalam Perangkat Lunak Arduino (IDE).



Debugging -

Proses melalui sirkuit atau kode, dan menemukan kesalahan (juga disebut "bug"), hingga perilaku yang diharapkan tercapai.



Decoupling capacitors (Kapasitor decoupling) -

Kapasitor yang digunakan untuk mengatur lonjakan dan penurunan dalam tegangan dan arus, sering ditempatkan dekat dengan sirkuit yang dimaksud.



Digital -

Sistem yang menangani nilai-nilai diskrit.



Direct current (Arus searah) -

Jenis arus yang selalu mengalir ke arah yang sama.



Drain (Menguras) -

Pin Transistor Efek Medan dihubungkan ke tegangan yang lebih tinggi (saluran) atau lebih rendah (saluran p) yaitu beban yang harus dikontrol.



Dual In-line Package (DIP) -

Jenis kemasan untuk sirkuit terpadu



Duty cycle (Siklus 

Rasio) - yang menunjukkan jumlah waktu selama periode tertentu saat komponen dihidupkan. Saat menggunakan nilai PWM 127 (dari total 256), Anda memiliki siklus tugas 50%.

E



EDBG




EEPROM -

Memori Hanya Dapat Diprogram yang Dapat Dihapus Secara Elektrik adalah jenis memori yang menyimpan datanya tanpa daya, seperti Memori Hanya Baca, dan yang dapat dihapus dan ditulis. Jumlah memori EEPROM biasanya ribuan byte dan digunakan untuk menyimpan beberapa data pada mikrokontroler di antara siklus daya.



Electricity  (Listrik)-

Suatu bentuk energi yang kita gunakan untuk menyalakan mesin dan perangkat listrik.

F



Firmware -

Firmware mirip dengan Perangkat Lunak, tetapi disimpan pada memori yang tidak mudah menguap dan dapat dijalankan di tempat - tanpa disalin dalam RAM - oleh mikrokontroler. Ini digunakan dalam sistem embedded dan terbuat dari instruksi kode mesin. Firmware biasanya dapat diperbarui.



Flash Memory (Memori Flash) -

Jenis memori ini tidak mudah menguap dan merupakan evolusi EEPROM. Dapat dihapus secara listrik. Dibuat dengan teknologi berbeda yang menawarkan kecepatan dan kapasitas berbeda (ML, SL, NAND, NOR), Flash Memory digunakan di dalam kartu SD dan microSD, di dalam ponsel dan juga sebagai memori program dalam mikrokontroler.



Float (Mengapung) -

Tipe data yang digunakan untuk mewakili sebagian kecil. Ini mencakup penggunaan titik desimal untuk angka titik mengambang.



Function (Fungsi) -

Blok kode yang menjalankan tugas tertentu.

G



Gate (Gerbang) -

Pin Transistor Efek Bidang yang memungkinkan untuk membuat saluran penghubung antara Drain dan Sumber jika digerakkan dengan benar.



Global Variable (Variabel Global) -

Variabel bernama yang dapat diakses di mana saja di dalam program Anda. Ini dinyatakan sebelum fungsi setup ().



Ground (Tanah) -

Titik dari suatu sirkuit di mana ada 0 energi listrik potensial. Tanpa tanah, listrik tidak akan memiliki tempat untuk mengalir dalam suatu rangkaian.

SAYA



I2C -

I2C - Inter Integrated Circuit - adalah dua kabel serial bus sinkron yang menyediakan komunikasi antara dua Sirkuit Terpadu., Diperkenalkan pada tahun 1982 oleh Philips Semiconductor. I2C dapat berjalan pada kecepatan yang berbeda: 100 Kbps, 400Kbps dan 3,4 Mbps. Ini digunakan untuk menghubungkan papan yang berbeda juga dengan kesederhanaan kabel hanya dua kabel, yang disebut SDA (Data line), SCL (Clock line). Dapat mendukung hingga 1008 perangkat slave.



ICSP -

In-Circuit Serial Programming adalah kemampuan mikrokontroler untuk diprogram secara langsung di papan di mana ia di monutasi. Ini juga merupakan set sinyal dan pin yang digunakan untuk pemrograman.



IDE -

Singkatan dari "Integrated Development Environment (Lingkungan Pengembangan Terpadu)". Arduino IDE misalnya, adalah tempat Anda menulis perangkat lunak untuk diunggah ke bard Arduino.



Index (Indeks) -

Nomor yang disediakan untuk array yang menunjukkan elemen mana yang Anda maksud. Komputer diindeks nol, yang berarti mereka mulai menghitung pada 0 bukannya 1. Untuk mengakses elemen ketiga dalam array bernama nada, misalnya, Anda akan menulis nada [2].



Induction (Induksi) -

Produksi gaya gerak listrik melintasi konduktor ketika dihadapkan pada medan magnet yang bervariasi waktu.



Instance 

Salinan objek perangkat lunak.



Insulator (Isolator) -

Bahan yang mencegah aliran listrik.



Int -

Tipe data yang memegang seluruh angka antara -32.768 dan 32.767.



Integrated Circuit (IC) (Sirkuit Terpadu (IC)) 

Sirkuit kompleks skala nano atau mikro dengan paket yang diberikan digunakan untuk tujuan tertentu.

L



Li-Po Battery -

Salah satu teknologi terbaru untuk baterai isi ulang. Teknologi Lithium-Polimer ini menawarkan rasio yang sangat baik antara kapasitas dan berat, tidak ada efek memori dan tingkat debit diri rendah. Baterai Li-Po diisi pada arus konstan.



Library (Perpustakaan) -

Ini adalah ekstensi perangkat lunak dari API Arduino yang memperluas fungsionalitas suatu program.



Load (Beban) -

Komponen listrik atau bagian dari sirkuit yang mengkonsumsi daya listrik untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang lain.



Local variable (Variabel lokal) -

Jenis variabel yang hanya hidup dalam lingkup yang dideklarasikan lalu dilupakan. Variabel yang dideklarasikan di dalam setup () suatu program akan bersifat lokal: setelah setup () selesai berjalan, Galileo akan lupa bahwa variabel tersebut pernah ada.



Long -

Tipe data yang dapat menyimpan nomor, dari -2,147.483.648 hingga 2.147.483.647.

M



Microcontroller (Mikrokontroler) 

Otak Arduino, ini adalah komputer kecil yang akan Anda program untuk mendengarkan, memproses, dan menampilkan informasi.



Millisecond (Mili detik) 

1/1000 detik.

N



NTP -

Protokol sinkronisasi waktu, berdasarkan arsitektur client-server, tersedia di Internet pada port UDP 123. Protokol ini menggunakan format UTC dan tidak terkait dengan zona waktu. Ketika digunakan, ini memungkinkan untuk menyinkronkan jam dalam jarak 10 milidetik dan akurasi sekitar 200 mikrodetik di dalam LAN.

o



Object (Obyek) -

Contoh perpustakaan; misal ketika menggunakan pustaka Servo, jika Anda membuat contoh bernama myServo, myServo akan menjadi objek.



Ohm -

Unit pengukuran resistensi. Diwakili oleh simbol omega.



Ohm's Law (Hukum Ohm) -

Persamaan matematika yang menunjukkan hubungan antara resistansi, arus dan tegangan. Biasanya dinyatakan sebagai V (tegangan) = I (saat ini) x R (resistansi).



Optocoupler -

Juga dikenal sebagai opto-isolator, photo-coupler, photo-isolator, photo-switch, dan opto-switch. LED digabungkan dalam wadah tertutup dengan fototransistor. LED diposisikan untuk menerangi phototransistor, sehingga ketika LED dihidupkan, phototransistor akan melakukan. Digunakan untuk memberikan isolasi tingkat tinggi karena tidak ada sambungan listrik yang umum untuk input dan output.

P



Parallel (Paralel) -

Komponen yang terhubung di dua titik yang sama dalam suatu rangkaian paralel. Komponen paralel selalu memiliki drop tegangan yang sama di atasnya.



Parameter (Parameter) -

Ketika mendeklarasikan fungsi, parameter bernama berfungsi sebagai jembatan antara variabel lokal dalam fungsi, dan argumen yang diterimanya ketika fungsi dipanggil.



Period -

Rentang waktu tertentu di mana sesuatu terjadi. Ketika periode berubah, Anda menyesuaikan frekuensi di mana sesuatu akan terjadi.



Photocell -

Perangkat untuk mengubah cahaya menjadi tegangan atau arus.



Photoresistor -

Perangkat resistif yang daya tahannya bervariasi sesuai dengan seberapa banyak cahaya menerkamnya.



Phototransistor -

Transistor yang konduksi kondisinya dikendalikan oleh cahaya.



Polarized (Terpolarisasi )-

Sadapan komponen terpolarisasi (mis. LED atau kapasitor) memiliki fungsi yang berbeda, dan karenanya harus dihubungkan dengan cara yang benar. Komponen terpolarisasi yang terhubung dengan cara yang salah mungkin tidak berfungsi, mungkin rusak, atau mungkin merusak bagian lain dari sirkuit Anda. Komponen yang tidak terpolarisasi (misalnya resistor) dapat dihubungkan dengan cara apa pun.



Power supply (Sumber Daya listrik) -

Sumber energi, biasanya baterai, transformator, atau bahkan port USB komputer Anda. Hadir dalam banyak varietas seperti yang diatur atau tidak diatur, AC atau DC. Biasanya tegangan ditentukan, bersama dengan arus maksimum yang dapat diberikan pasokan sebelum gagal.



Processing (Pengolahan) -

Lingkungan pemrograman berdasarkan bahasa Jawa. Digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan orang kepada konsep pemrograman, dan dalam lingkungan produksi. IDE Arduino ditulis dalam Pemrosesan, sehingga akan terlihat sangat akrab. Selain itu, Processing, Arduino dan Galileo memiliki filosofi dan motif yang sama, yaitu menciptakan alat sumber terbuka gratis yang memungkinkan orang-orang non-teknis untuk bekerja dengan perangkat keras dan perangkat lunak.



Pseudocode (Kodesemu) -

Jembatan antara menulis dalam bahasa pemrograman komputer dan menggunakan ucapan alami. Saat membuat pseudocode, menulis dalam pernyataan pendek deklaratif sangat membantu.



Pulse Width Modulation (PWM) 

Cara untuk mensimulasikan berbagai tegangan statis.

R



RTC 

Real Time Clock adalah sirkuit yang menggunakan kristal kuarsa atau osilator dipangkas laser untuk menjaga waktu di dalam komputer atau dalam sistem tertanam. Rangkaian ini memiliki sumber dayanya sendiri - biasanya baterai lithium - dan memiliki konsumsi daya yang sangat rendah. Setelah diatur, RTC dapat diminta untuk mendapatkan tanggal dan waktu melalui antarmuka serial seperti I2C.



Resistance (Perlawanan) -

Ukuran seberapa efisien suatu bahan akan menghantarkan listrik. Secara khusus, resistensi dapat dihitung oleh Hukum Ohm sebagai: R = V / I.

S



SAMD21 -

Mikrokontroler dari keluarga SAM D Atmel. Seperangkat periferal yang kaya, fleksibilitas, dan kemudahan penggunaan dikombinasikan dengan konsumsi daya yang rendah menjadikan mikrokontroler ini, berdasarkan Cortex-M0 +, ideal untuk berbagai aplikasi otomasi rumah, konsumen, pengukuran dan industri.



SERCOM -

Istilah ini adalah kombinasi dari komunikasi serial dan komunikasi. Ini digunakan dalam jargon mikrokontroler untuk menunjukkan jenis modul fungsional tertentu di dalam perangkat. Modul SERCOM dapat diprogram untuk menjadi USART, SPI, atau port serial I2C. Setiap mikrokontroler dapat memiliki lebih dari satu SERCOM.



SHA-256 -

Algorythm dikembangkan untuk memeriksa integritas data. SHA-256 adalah Secure Hash Algorithm dengan 256 bit digest. Ini adalah bagian dari keluarga SHA-2 algoritma hashing. Fungsi hash kriptografis adalah operasi matematika yang dijalankan pada data digital; dengan membandingkan "hash" yang dihitung (output dari eksekusi algoritma) ke nilai hash yang diketahui dan diharapkan, seseorang dapat menentukan integritas data.



SPI -

Serial Peripheral Interface adalah teknologi komunikasi serial sinkron yang menggunakan empat kabel dan arsitektur master / slave. Perangkat master dapat berkomunikasi dalam dupleks penuh dengan beberapa budak menggunakan sinyal Pilih Budak tertentu untuk setiap budak. Komunikasi ini cocok untuk jarak pendek, seperti bagian dalam cabimet perangkat elektronik.



SRAM (Static Random Access Memory) -

Jenis memori tertentu, RAM Statis, yang tidak memerlukan mekanisme penyegaran, tipikal DRAM yang lebih umum - RAM Dinamis - digunakan di PC. SRAM menyimpan data yang disimpan selama catu daya disimpan, menawarkan waktu akses yang baik dan konsumsi daya yang rendah.



SSID (

Service Set IDentifier) - adalah nama yang diidentifikasi oleh jaringan nirkabel itu sendiri. Beberapa Access Point dapat berbagi SSID yang sama jika mereka terhubung ke LAN yang sama. Access Point dapat menyiarkan lebih dari satu SSID atau tidak sama sekali.



Sensor -

Komponen yang mengukur satu bentuk energi (seperti cahaya atau panas atau energi mekanik) dan mengubahnya menjadi tegangan atau arus.



Serial buffer -

Tempat di memori komputer dan mikrokontroler tempat informasi yang diterima dalam komunikasi serial disimpan hingga dibaca oleh suatu program.



Serial communication (Komunikasi serial) -

Suatu jenis protokol serial antara dua perangkat.



Serial monitor (Monitor Serial)

 - 
Alat bawaan Arduino IDE yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data serial ke dan dari papan yang terhubung.



Series (Seri) -

Komponen dalam seri ketika arus mengalir dari yang pertama ke yang berikutnya. Arus yang mengalir melalui keduanya sama, dan tegangan turun di setiap komponen.



Short circuit (Hubungan pendek) -

Hubungan pendek antara daya dan arde akan membuat sirkuit Anda berhenti bekerja dan karenanya harus dihindari. Dalam beberapa kasus ini dapat merusak catu daya Anda atau bagian-bagian dari sirkuit Anda, dan kasus yang jarang terjadi dapat memicu kebakaran.



Sketch (Sketsa) -

Istilah yang diberikan untuk program yang ditulis dalam Arduino IDE.



SoC

System on Chip adalah evolusi dari sistem embedded, di mana dalam satu paket dan substrat di-host semua bagian yang diperlukan untuk membuat komputer yang berfungsi penuh. Paket ini berisi mikroprosesor, berbagai jenis memori, antarmuka untuk komunikasi dan manajemen perangkat, konverter dan sebagainya. Dengan SoC adalah mungkin untuk membangun komputer yang sangat hemat biaya yang menjalankan sistem operasi seperti Linux dan terhubung ke perangkat I / O yang biasa (mouse, keyboard, monitor ...).



Soldering (Pematerian) -

Proses membuat sambungan listrik dengan melelehkan solder di atas komponen listrik atau kabel yang harus dihubungkan. Ini memberikan koneksi yang solid antar komponen.



Source (transistor) -

Pin Transistor Efek Medan dihubungkan ke tegangan yang lebih rendah (saluran n) atau lebih tinggi (saluran p) yaitu beban yang harus dikontrol.



Square wave (Gelombang persegi) -

Suatu jenis bentuk gelombang yang diidentifikasi dengan hanya memiliki dua keadaan, hidup dan mati. Ketika digunakan untuk menghasilkan nada, mereka bisa terdengar "buzzy".



Switch (Beralih) 

Komponen yang dapat membuka atau menutup sirkuit listrik.

T



TTL -

Jenis sirkuit logika elektronik yang bekerja dengan level logika 5V / 0V. Transistor-Transistor Logic dikembangkan selama tahun enam puluhan abad terakhir dan menjadi standar dunia. Aplikasi berdaya rendah dan bertegangan rendah sekarang menggantikan 5V TTL dengan teknologi baru.



Toolchain (IDE) -

Toolchain adalah seperangkat alat pemrograman yang digunakan untuk melakukan serangkaian operasi yang kompleks. Dalam Perangkat Lunak Arduino (IDE), toolchain disembunyikan dari pengguna, tetapi digunakan untuk menyusun dan mengunggah Sketsa pengguna. Ini termasuk kompiler, assembler, linker dan pustaka C & matematika Standar.



Transduser

Sesuatu yang mengubah satu bentuk energi menjadi bentuk lainnya, Sensor atau aktuator dapat disebut sebagai tranduser. Transduser adalah perangkat yang dapat melakukan fungsi input (Sensor) atau output (Aktuator). Misalnya sensor gaya mengubah perubahan fisik menjadi sinyal listrik, aktuator mengubah sinyal listrik menjadi perubahan fisik seperti gerakan atau suara. Contoh lain dari transduser adalah mikrofon yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik, atau pengeras suara yang mengubah sinyal listrik ini kembali menjadi gelombang suara.



Transistor -

Perangkat elektronik 3 terminal (biasanya) yang dapat bertindak sebagai penguat atau saklar. Tegangan atau arus kontrol antara dua lead mengontrol (biasanya) tegangan atau arus yang lebih tinggi antara sepasang lead yang berbeda. Jenis transistor yang umum termasuk Bipolar Junction Transistor (BJT) dan Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor (MOSFET).

U



UART -

Universal Asynchronous Receiver Transmitter adalah perangkat atau modul perangkat keras di dalam mikrokontroler yang mengimplementasikan komunikasi serial dengan kecepatan dan format data yang sepenuhnya dapat dikonfigurasi.



USB -

Singkatan dari Universal Serial Bus. Ini adalah port generik yang standar pada kebanyakan komputer saat ini. Dengan kabel USB, dimungkinkan untuk memprogram dan memberi daya pada Arduino melalui koneksi USB.



Unsigned (Tidak ditandatangani) -

Suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan tipe data, menunjukkan bahwa mereka tidak boleh berupa angka negatif. Sangat membantu untuk memiliki nomor yang tidak ditandatangani jika Anda hanya perlu menghitung dalam satu arah. Misalnya, saat melacak milis (), disarankan untuk menggunakan tipe data lama yang tidak ditandatangani.

V



VCC -

Label ini menandai pin yang digunakan untuk memasok tegangan positif ke sirkuit, perangkat atau papan. Pin lainnya, untuk ground, biasanya diberi label VSS atau GND.



VIN -

Label yang digunakan untuk menunjukkan pin input untuk tegangan ke papan Arduino / Genuino ketika menggunakan sumber daya eksternal (berbeda dengan 5 volt dari koneksi USB atau sumber daya yang diatur lainnya). Anda dapat memasok tegangan melalui pin ini, atau, jika memasok tegangan melalui soket daya, akseslah melalui pin ini.



Variable (Variabel) 

Tipe data yang menyimpan nilai yang cenderung berubah saat program Anda berjalan. Jenis variabel tergantung pada jenis informasi yang ingin Anda simpan, dan ukuran maksimum informasi; misalnya, byte dapat menyimpan hingga 256 nilai yang berbeda, tetapi sebuah int dapat menyimpan hingga 65.536 nilai yang berbeda. Variabel dapat lokal ke blok kode tertentu, atau global ke seluruh program. (lihat variabel Global, variabel Lokal).



Voltage divider (Pembagi tegangan) -

Jenis sirkuit yang menyediakan output yang merupakan sebagian kecil dari tegangan inputnya. Anda sedang membangun pembagi tegangan ketika Anda menggabungkan photoresistor dengan resistor tetap untuk memberikan input analog. Potensiometer juga dapat digunakan sebagai pembagi tegangan.

W




WPA -

WiFi Protected Access adalah protokol cyphering untuk menjaga agar transfer data nirkabel aman dari penyadapan yang mudah. WPA dan WPA2 juga merupakan program sertifikasi yang memberikan kepatuhan perangkat dengan standar.




Sumber

  • [1] https://www.arduino.cc/glossary/en/


    Disqus comments