Menginput Ekspresi dan Nilai Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus - TeachMeSoft

Menginput Ekspresi dan Nilai Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus




Peraturan Input Dasar


Perhitungan dapat diinput dengan format sama seperti yang tertulis. Ketika anda menekan  sekuen prioritas pada perhitungan telah diinput akan dievaluasikan secara otomatis maka hasilnya akan ditampilkan di display.




  • Input kurung menutup diperlukan untuk sin, sinh dan fungsi yang mengandung kurung.
  • Lambang perkalian (x) dapat disingkatkan. Lambang perkalian dapat diabaikan ketika berada langsung sebelum pembukaan kurung, langsung sebelum sin atau fungsi lain yang mengandung kurung, langsung sebelum fungsi Ran# (nomer random), atau langsung sebelum variabel (A, B, C, D, E, F, M, X, Y), konstanta ilmiah, 𝜋 atau e
  • Kurung yang menutupi langsung sebelum pengoperasian  dapat diabaikan.



Contoh input dengan mengabaikan pengoperasian  X  dan   )  
pada contoh yang di atas.




Penting: Jika anda mengeksekusi suatu perhitungan yang memuat operasi pembagian dan perkalian yang tanda perkaliannya telah dihilangkan, tanda kurung akan dimasukkan secara otomatis seperti terlihat dalam contoh di bawah ini.

  • Bila tanda perkalian dihilangkan segera sebelum tanda kurung buka atau setelah tanda kurung tutup.
  • Bila tanda perkalian dihilangkan segera sebelum variabel, konstanta;dll.
  • Ketika menginputkan fungsi yang menggunakan titik koma (seperti Pol,Rec, dan RanInt#), pastikan untuk menginputkan tanda kurung tutup yang dipersyaratkan oleh ekspresi tersebut. Jika anda tidak menginputkan tanda kurung tutup, tanda kurung mungkin tidak akan dimasukkan secara otomatis seperti diuraikan di atas.


Penting: Jika anda mengeksekusi perhitungan yang tanda perkaliannya telah dihilangkan segera sebelum pecahan (termasuk pecahan campuran), tanda kurung akan dimasukkan secara otomatis seperti terlihat dalam contoh di bawah ini.



Catalan :
  • Bila perhitungan menjadi lebih panjang daripada lebar layar dalam input, layar akan menggulung secara otomatis ke kanan dan tanda ⯇ akan muncul pada display. Jika ini terjadi, anda dapat menggulung kembali ke kiri dengan menggunakan  ⯇  dan  ⯈  untuk memindah kursor.
  • Bila Display Baris dipilih, menekan  ⯅  mengakibatkan kursor melompat ke awal perhitungan, sedangkan  ⯆  akan melompat ke akhirnya. 
  • Bila Display Natural dipilih, menekan  ⯈  pada saat kursor berada di akhir perhitungan telah diinput mengakibatkan kursor melompat ke awalnya, sedangkan menekan  ⯇  pada saat kursor berada di awal akan mengakibatkan kursor melompat ke akhirnya. 
  • Anda dapat menginput sampai dengan 99 byte untuk perhitungan. Setiap nomer, lambang atau fungsi biasanya memakan satu byte. Beberapa fungsi perlu tiga sampai dengan 13 byte. 
  • Kursor akan berubah bentuk ke      pada saat tinggal 10 byte atau kurang untuk dapat diinput. Jika terjadi seperti ini, selesaikan menginput perhitungan dan tekan .

Sekuen Prioritas Perhitungan


Sekuen prioritas input perhitungan dievaluasikan sesuai dengan peraturan di bawah. Jika prioritas antara dua ekspresi sederajat, perhitungan dilaksanakan dari sebelah kiri ke kanan. 




Menginput dengan Display Natural








Penting:
  • Tipe-tipe tertentu dari ekspresi dapat menyebabkan tinggi dari formula perhitungan menjadi lebih besar dari satu baris display. Tinggi maksimum yang diperbolehkan dari formula perhitungan adalah dua layar display (31 titik x 2). Input lebih lanjut akan menjadi tidak mungkin jika tinggi dari perhitungan yang anda masukkan melebihi batas yang diperbolehkan.
  • Kumpulan dari fungsi-fungsi dan tanda kurung-tanda kurung diperbolehkan. Input lebih lanjut akan menjadi tidak mungkin jika anda mengumpulkan terlalu banyak fungsi dan/atau tanda kurung. Jika ini terjadi, bagilah perhitungan menjadi beberapa bagian dan hitung masing-masing bagian secara terpisah.

Catalan: Pada saat anda menekan  =  dan memperoleh hasil perhitungan menggunakan Display Natural, bagian dari ekspresi yang anda masukkan dapat dipotong. Jika anda perlu melihat lagi ekspresi input keseluruhan, tekan dan kemudian gunakan  ⯇  dan  ⯈  untuk menggulung ekspresi telah diinput.



Menggunakan Nilai dan Ekspresi sebagai Argumen (hanya Display Natural)


Nilai atau ekspresi yang anda telah menginput dapat digunakan sebagai argumen dari fungsi. Setelah anda memasukkan , misalnya, anda dapat mengubahkan ke argumen dengan , hasilnya  





Seperti ditampilkan di atas, nilai atau ekspresi di sebelah kanan dari kursor setelah  SHIFT    DEL  (SISIP) ditekan, menjadi argumen dari fungsi ditentukan yang berikutnya.

Kisaran meliputi argumen adalah semua sampai dengan kurung buka di sebelah kanan, jikalau ada, atau semua sampai dengan fungsi di sebelah kanan (sin(30), log2(4), dll.)



Mode Input Timpaan (hanya Display Baris)


Anda dapat memilih dari antara mode sisipan dan mode timpaan untuk menginput, tetapi hanya bila Display Baris dipilih. Dengan mode timpaan, karakter yang anda masukkan mengganti karakter pada posisi kursor saat itu. Anda dapat mengubah antara mode sisipan dan timpaan dengan melakukan
pengoperasian kunci   SHIFT    DEL  (SISIP) . Kursor ditampilkan seperti " " pada
mode sisipan, dan seperti "" pada mode timpaan.

Catalan: Display Natural selalu menggunakan mode sisipan, maka mengganti Display Baris ke Display Natural akan mengubah ke mode sisipan secara otomatis.

Mengoreksi dan Menghapus Ekspresi


Untuk menghapus satu karakler atau fungsi: Pindahkan kursor ke tempat yang langsung sebelah kanan dari karakter atau fungsi anda ingin menghapus, lalu tekan   DEL . Dengan mode timpaan, pindahkan kursor ke tempat yang langsung bawah karakter atau fungsi anda ingin menghapus, lalu tekan  DEL .

Untuk menyisipkan karakter atau fungsi ke dalam perhitungan: Gunakan  ⯇  dan  ⯈  untuk memindahkan kursor ke tempat yang anda mau menyisipkan karakter atau fungsi, lalu menginput. Pastikan bahwa selalu menggunakan mode sisipan saat Display Baris dipilih.

Untuk menghapus seluruh perhitungan anda menginput:  AC  .





Disqus comments