Perhitungan Basis-n (BASIS) di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus - TeachMeSoft

Perhitungan Basis-n (BASIS) di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus




Kalkulator Scientific Android


Tekan  MODE   4  (BASIS) untuk memasuki Mode BASIS ketika anda ingin melakukan perhitungan menggunakan nilai desimal, heksadesimal, biner, atau oktal. Mode bilangan bawaan awal ketika memasuki Mode BASIS adalah desimal, yang berarti input dan hasil perhitungan menggunakan format desimal. Tekan salah satu dari kunci berikut ini untuk berganti mode:  x2  (DEC) untuk desimal,  x  (HEX) untuk heksadesimal,  log  (BIN) untuk biner, dan  In  (OCT) untuk oktal.









Catalan: 
  • Gunakan operasi kunci berikut untuk menginput angka A hingga F untuk bilangan heksadesimal:  (-)  (A),  ., ,,  (B),  hyp  (C),  sin  (D),  cos  (E),  tan  (F).
  • Pada Mode BASIS, input nilai pecahan (desimal) dan eksponen tidak didukung. Bila hasil perhitungan mempunyai bagian pecahan maka bagian pecahan itu akan dihapus. 
  • Batas input dan output adalah 16 bit untuk nilai biner, dan 32 bit untuk tipe bilangan lainnya. Berikut ini ditampilkan detil mengenai batas input dan output.




Menentukan Mode Bilangan untuk Nilai Input Tertentu


Anda dapat menginput perintah khusus segera setelah suatu nilai untuk menentukan mode bilangan dari nilai itu. Perintah khusus itu adalah: d (desimal), h (heksadesimal) , b (biner), o (oktal).






Mengubah Hasil Perhitungan ke Tipe Bilangan yang lain


Anda dapat menggunakan salah satu dari pengoperasian kunci berikut ini untuk mengubah hasil perhitungan yang sedang ditampilkan ke tipe bilangan lainnya:  x2  (DEC) (desimal),  x  (HEX) (heksadesimal),  log  (BIN) (biner),  ln  (OCT) (oktal).






Operasi Logika dan Negasi


Kalkulator anda menyediakan operator logika (and,or, xor, xnor) dan fungsi (Not, Neg) untuk operasi logika pada bilangan biner. Gunakan menu yang terlihat ketika anda menekan  SHIFT   3  (BASIS) untuk menginput fungsi dan operator logika.

Contoh berikut ini semuanya dilakukan dalam mode biner  log  (BIN)).


Catalan: Pada kasus nilai biner, oktal, atau heksadesimalnya negatif, kalkultor akan mengubah nilai tersebut ke dalam format bilangan biner, melakukan operasi komplemen dua, dan kemudian dikembalikan nilainya ke format bilangan basis semula. Untuk nilai desimal (basis 10), kalkulator hanya menambahkan lambang minus saja.




Disqus comments