Perhitungan Dasar di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus - TeachMeSoft

Perhitungan Dasar di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus




Perhitungan Pecahan


Perhatikan bahwa cara menginput pecahan berbeda menurut apakah anda menggunakan antara Display Natural atau Display Baris.










Catalan:
  • Mencampurkan nilai pecahan dan nilai desimal di dalam satu perhitungan ketika Display Baris dipilih, akan mengakibatkan hasilnya ditampilkan dengan nilai desimal. 
  • Pecahan di dalam hasil perhitungan akan ditampilkan setelah hasilnya disingkatkan sehingga yang terendah.

Perubahan antara Format Pecahan Sederhana dan Pecahan Campuran : 
Lakukan pengoperasian kunci berikut:


Perubahan antara Format Pecahan dan Desimal: 
Tekan  S⟺D .


Perhitungan Persen


Memasukkan nilai dan menekan  SHIFT    (   (%) menyebabkan nilai input menjadi persen.
















Perhitungan Derajat, Menit, Detik (Seksagesimal)


Dengan pengoperasian penambahan atau pengurangan antara nilai-nilai seksagesimal , ataupun pengoperasian perkalian atau pembagian antara nilai seksagesimal dan nilai desimal akan mengakibatkan hasil-hasilnya ditunjukkan dengan nilai seksagesimal. Anda dapat mengubah antara
seksagesimal dan desimal . Berikut ini adalah format menginput untuk nilai seksagesimal : {derajat}  ., ,,   {menit}  ., ,,   {detik}  ., ,, .

Catalan :  Anda selalu harus mengisi senilai pada derajat dan menit, walaupun ternilai nol.











Pernyataan Banyak


Anda dapat menggunakan karakter titik dua (:) untuk menghubungkan dua atau lebih ekspresi dan menentukan mereka dalam sekuen dari kiri ke kanan pada saat anda menekan  = .







Menggunakan Notasi Rekayasa


Pengoperasian kunci sederhana memindahkan nilai display ke notasi rekayasa.











Sejarah Perhitungan


Dengan Mode COMP, CMPLX, atau BASIS kalkulator mengingat sampai dengan kira-kira 200 byte data perhitungan yang terbaru. Anda dapat menggulung sepanjang sejarah perhitungan menggunakan  ⯆  dan  ⯅ ·







Catatan: Data sejarah perhitungan dihapuskan sekali setiap kali anda menekan  HIDUP , saat anda mengganti mode perhitungan, saat mengganti format display, atau saat anda melakukan pengoperasian reset.

Pengulangan


Jika hasil perhitungan ditampilkan pada display, anda dapat menekan  ⯇  atau  ⯈  untuk mengubah ekspresi yang digunakan pada perhitungan terakhir.







Catatan: Ketika anda ingin mengubah perhitungan, jika tanda  ditampilkan di sebelah kanan pada tampilan hasil perhitungan (lihat "Membaca pada Display"), tekan lalu gunakan  ⯇  dan  ⯈  untuk menggulung perhitungan.


Memori Jawaban (Ans)


Hasil perhitungan terakhir disimpan di dalam memori Ans (jawaban). lsi memori Ans diperbarui pada setiap kali hasil perhitungan baru ditampilkan.











Variabel {A, B, C, D, E, F, X, Y)


Kalkulator anda mempunyai delapan variabel yang telah disetel bernama A, B, C, D, E, F, X, dan Y. Anda dapat memasukkan nilai-nilai ke variabel dan dapat menggunakannya di dalam perhitungan.







Memori Bebas (M)


Anda dapat menambah hasil perhitungan ke atau mengurangi hasil dari memori bebas. lndikator "M" muncul pada display pada saat memori bebas mengandung nilai selain nol.






Menghapuskan lsi Semua Memori


Isi memori Ans, memori bebas, dan variabel ditetapkan walau setelah anda menekan  AC  , mengganti mode perhitungan, atau mematikan kalkulator. Lakukan prosedur seperti berikut ini, ketika anda ingin menghapuskan isi semua memori.
  SHIFT   9  (HAPUS)  2  (Memori)  =  (Ya)





Disqus comments