Perhitungan Persamaan (PRSMN) di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus - TeachMeSoft

Perhitungan Persamaan (PRSMN) di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus





Perhitungan Persamaan (PRSMN)


Anda dapat menggunakan prosedur berikut ini pada Mode PRSMN untuk mencari jawa ban atas persamaan linear simultan dengan dua atau tiga variabel yang tidak diketahui nilainya, persamaan kuadratik, dan persamaan kubik (pangkat tiga).
  1. Tekan  MODE   5  (PRSMN) untuk memasuki Mode PRSMN.
  2. Pada menu yang muncul, pilih tipe persamaan.
  3. Gunakan Editor Koef isien yang muncul untuk memasukkan nilai koefisien.
    Untuk mencari jawaban dari 2x2 + x - 3 = 0 misalnya, tekan  3  pada langkah 2 dan kemudian masukkan nilai koefisiennya: (a = 2, b = 1, c =-3): 2  =  1  =   (-)  3  = .
    Untuk mengubah nilai koefisien yang telah dimasukkan, pindahkan kursor ke sel yang sesuai, masukkan nilai baru, dan tekan  = .
    Menekan  AC  akan menghapus nilai semua koefisien menjadi nol.
    Penting: Pengoperasian berikut ini tidak didukung oleh Editor Koefisien:
      M+  SHIFT   M+  (M-),  SHIFT   RCL  (STO). Pol, Rec, dan pernyataan banyak juga tidak dapat dimasukkan dengan Editor Koefisien.
  4. Setelah semua nilai sudah sesuai yang diinginkan, tekan  = .
    Solusi akan ditampilkan. Setiap penekanan kunci  =  akan menampilkan solusi lainnya. Menekan  =  ketika solusi akhir sedang ditampilkan akan membuat anda kembali ke layar Editor Koefisien.
    Anda dapat berpindah antara solusi menggunakan kunci  ⯆  dan  ⯅ .
    Untuk kembali ke layar Editor Koefisien ketika suatu solusi ditampilkan, tekan  AC  .


Catatan:

  • Walaupun Display Natural telah dipilih, solusi dari persamaan linear simultan tidak akan ditampilkan menggunakan bentuk
  • Nilai-nilai tersebut tidak dapat diubah ke dalam notasi rekayasa pada layar tampilan solusi. 
  • Akan muncul pesan yang memberi tahu anda bila tidak ada solusi atau bila solusinya tak terbatas. Menekan  AC  atau  =  akan membawa kembali ke Editor Koefisien.




Mengalokasikan Hasil pada Variabel


Ketika nilai hasil perhitungan ditampilkan pada display, tekan  SHIFT   RCL  (STO)  (-)  (A) untuk mengalokasikannya pada variabel A.


Catalan: 

  • Anda dapat mengalokasikan nilai hasil pada variabel mana pun yang tersedia (A, B, C, D, E, F, X, Y, M). 
  • Anda dapat mengalokasikan hasil pada suatu variabel bahkan meskipun nilainya adalah bilangan imajiner. Harap diperhatikan bahwa bilangan imajiner yang dialokasikan pada suatu variabel akan disimpan hanya jika anda berpindah dari Mode PRSMN ke Mode CMPLX. Memasuki mode lain mana pun akan menyebabkan bilangan imajiner yang dialokasikan ke variabel itu terhapus .



Mengubah Setelan Tipe Persamaan Saat ltu


Tekan  MODE   5  (PRSMN) dan pilih tipe persamaan dari menu yang tampil. Pengubahan tipe persamaan akan menyebabkan nilai dari semua koefisien pada layar Editor Koefisien berubah menjadi nol.


Contoh Perhitungan Mode PRSMN
















Disqus comments