Perhitungan Statistik (STAT) di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus - TeachMeSoft

Perhitungan Statistik (STAT) di Kalkulator Casio Scientific FX-991ID Plus




Perhitungan Statistik (STAT)


Untuk memulai perhitungan statistik, lakukan pengoperasian kunci  MODE   3  (STAT) untuk memasuki Mode STAT dan kemudian pada tampilan,  pilihlah tipe perhitungan yang diinginkan


Penekanan salah satu dari kunci-kunci di atas (  1  sampai  8  ) akan menampilkan Editor Stat.

Catalan: Ketika anda ingin mengganti tipe perhitungan setelah memasuki Mode STAT, lakukan pengoperasian kunci  SHIFT   1  (STAT/DIST)  1  (Tipe) untuk menampilkan layar pilihan tipe perhitungan.



Memasukkan Data


Gunakan Editor Stat untuk memasukkan data. Lakukan pengoperasian kunci berikut untuk menampilkan Editor Stat  SHIFT   1  (STAT/DIST)  2  Data). Editor Stat menyediakan 40 baris untuk data input ketika hanya terdapat kolom X atau ketika terdapat kolom X dim Y, 20 baris ketika terdapat kolom X dan FREQ, atau 26 baris ketika terdapat kolom X, Y, dan FREQ.

Catalan: Gunakan kolom FREQ (frekuensi) untuk memasukkan kuantitas (frekuensi) dari unit data yang identik. Tampilan dari kolom FREQ dapat dihidupkan (ditampilkan) atau dimatikan (tidak ditampilkan)  menggunakan setelan Stat Format pada menu penyetelan.




Penting:
  • Semua data yang sedang dimasukkan dalam Editor Stat akan dihapus ketika anda keluar dari Mode STAT, berpindah antara tipe perhitungan statistik variabel-tunggal dan variabel berpasangan, atau mengganti setelan Stat Format pada menu penyetelan. 
  • Pengoperasian berikut ini tidak didukung oleh Editor Stat:  M+  SHIFT   M+  (M-),   SHIFT   RCL  (STO). Pol, Rec, dan pernyataan banyak juga  tidak dapat dimasukkan dengan  Editor Stat.

Untuk mengubah data dalam sel:  Pada Editor  Stat,  pindahkan  kursor ke sel yang mengandung data yang ingin diubah, masukkan data baru, kemudian tekan  = .

Untuk menghapus sebuah barIs: Pada Editor Stat, pindahkan kursor ke baris yang ingin dihapus, kemudian tekan  DEL .

Untuk memasukkan sebuah baris: Pada Editor Stat , pindahkan kursor ke lokasi dimana baris ingin dimasukkan dan kemudian lakukan:  SHIFT   1  (STAT/ DIST)  3  (Edit)  1  (Sisip).

Untuk menghapus semua lsi Editor Stat: Pada Editor Stat, lakukan pengoperasian kunci berikut:  SHIFT   1  (STAT/ DIST)  3  ( Edit)  2  (Hps-S).


Memperoleh Nilai Statistik dari Data Input


Untuk  memperoleh  nilai statistik,  tekan  AC  ketika  berada  pada  Editor Stat dan kemudian panggil ulang variabel statistik (𝛔x, Σx2, dll.) yang anda inginkan. Variabel statistik yang didukung dan kunci yang harus ditekan untuk memanggil ulang variabel-variabel tersebut ditampilkan di bawah ini. Untuk perhitungan statistik variabe l-tunggal, variabel yang ditandai dengan tanda asterisk (*) artinya tersedia.









Menghitung Nilai Estimasi


Berdasarkan formula  regresi yang diperoleh dari perhitungan statistik variabel berpasangan, nilai estimasi dari y dapat dihitung berdasar nilai x yang diberikan. Nilai x yang bersangkutan (dua nilai, x1 dan x2, untuk kasus regresi kuadratik) juga dapat dihitung untuk mendapatkan nilai dari y pada formula regresi.





Penting: Perhitungan koefisien regresi, koefisien korelasi, dan nilai estimasi dapat memakan waktu ketika terdapat sejumlah besar unit data.


Melakukan Perhitungan Distribusi Normal


Ketika perhitungan statistik variabel tunggal terpilih, anda dapat melakukan perhitungan distribusi normalmenggunakan fungsi yang ditampilkan dibawah menu yang terlihat ketika anda melakukan pengoperasian kunci berikut:   SHIFT   1  (STAT)  5  (Distr) .













Disqus comments