Istilah Dan Biaya-biaya Yang Ada di Dunia Perkuliahan - TeachMeSoft

Istilah Dan Biaya-biaya Yang Ada di Dunia Perkuliahan

Istilah Dan Biaya-biaya Yang Ada di Dunia Perkuliahan

Assalamaualaikum teman-teman...
Disaat kita masih duduk dibangku sekolah pasti sering mendengar istilah SPP. SPP ini merupakan pembayaran perbulan yang telah ditentukan nominalnya, biasanya dibayar persemester. Ketika sudah Kuliah, teman-teman tidak hanya berjumpa SPP saja tapi ada istilah dan biaya yang harus teman-teman bayar dan ketahui.

Nah... Secara Umum biaya-biaya tersebut antara lain :
  1. Sumbangan Pengembangan Akademi (SPA)
    SPA ini biasanya uang yang harus kamu bayar saat kamu telah diterima di Universitas tersebut. Nominalnya tentu berbeda-beda tergantung jurusan yang kamu ambil. SPA untuk jurusan saya adalah Rp. 7.800.000, wah mahal banget, jangan kawatir kita masih diperbolehkan angsur kok dengan waktu yang telah ditentukan. Lebih jelasnya kamu bisa liat pada gambar berikut
    Sumbangan Pengembangan Akademi (SPA)
  2. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)
    SPP ini merupakan biaya administratif pendidikan yang besarnya tetap selama masa kuliah. SPP sendiri dibayar persemester.
  3. SPP Variabel 
    merupakan biaya operasional perkuliahan yang besaranya sesuai dengan beban perkuliahan yang diambil oleh mahasiswa setiap semester
    Contoh :
    Pada gambar diatas telah ditentukan SPP Variabel Rp.175.000 x Jumlah sks yang diambil
    disini saya mengambil 21 SKS, maximum nya adalah 24 SKS
    jadi Rp.175.00 x 21 SKS = 3675000
    total SPP Variabel yang harus dibayar adalah Rp. 3.675.000
  4. Biaya operasional khusus lainya Seperti praktikum, studio, kerja praktik, tugas akhir, dana kesehatan, wisuda dan lain-lain. mekanismen dan besaranya biaya ditentukan tersendiri. Adapun saat praktikum biasanya kita membayar modul sekitar 50-100rb tergantung mata kuliah tersebut.

Untuk pembayaran SPP tetap dilakukan setiap awal semester, sedangkan pembayaran SPP Variabel biasanya dilakukan setiap menjelang UTS. 

Mengenai pembayaran, tergantung dari kampus teman-teman menggunakan kebijakan apa...
biasanya pembayaran di center bank yang ada diwilayah kampus, jika teman-teman membayar diluar wilayah tersebut, maka teman-teman harus menyertakan bukti pembayaran dan harus bergegas ke bagian keuangan untuk konfirmasi pembayaran.

Bukti pembayaran jangan sampai hilang, kalau bisa di scan dan simpan dilaptop untuk berjaga-jaga.

Terkadang di Universitas lain membolehkan membayar diluar wilayahnya. Pembayaran uang SPP harus dibayar lunas sekaligus, tidak boleh kurang, kalau kurang otomatis pembayaran tidak diterima. Alhasil teman-teman harus berurusan dengan orang-orang bagian keuangan.

Kesimpulan

  1. Saat kuliah di Universitas Swasta, teman-teman akan menemui betapa sulitnya mengurus perihal uang, apalagi jika teman-teman telat membayar, berbeda saat teman-teman kuliah di Negeri pasti lebih enak saat bernegosiasi.
  2. Metode yang digunakan Universitas swasta sangat ampuh kenapa ?... Karena saat teman-teman tidak membayar SPP maka teman-teman tidak bisa meng-Input KRS (Kartu Rencana Studi), Untuk bisa mengurus ini teman-teman harus ke bagian keuangan, saat kebagian keuangan teman-teman akan menemuai orang-orang yang super duper sibuk dan terkadang memberikan ketidak jelasan, dan apabila teman-teman tidak membayar SPP Variabel, maka konsekuensinya teman-teman bakalan susah mendapat kartu UTS, untuk mengurus ini biasanya harus membuat surat pernyataan bermatrai.
  3. Semakin lama teman-teman kuliah, maka teman-teman akan terbebani dengan biaya SPP
  4. Semakin banyak teman-teman mengambil mata kuliah, maka SPP Variabel akan semakin besar, keuntungannya waktu kuliah akan semakin singkat dan kekurangannya kamu akan sedikit tidur dan nongkrong.
  5. Usahakan di kos/ kontrakanmu ada kalender yang telah teman-teman tanda untuk pengingat atau teman-teman bisa menggunakan aplikasi/alarm di smartphone.
  6. Semua informasi ini balik lagi ke pada kebijakan masing-masing Universitas, terkadang Universitas menerapkan kebijakan yang berbeda-beda. 
  7. Apabila teman-teman bingung mengenai perkuliahan jangan sungkan untuk datang ke Bagian Operasional (BO) untuk menanyakan perihal kuliah atau teman-teman bisa menanyai langsung pada dosen pembimbing (ini tidak disarankan, dikarenakan dosen terkadang super sibuk).

Ref : Buku Panduan Akademik (UTY)
Disqus comments