Analog Input Pins - TeachMeSoft

Analog Input Pins

Analog Input Pins

Penjelasan tentang pin input analog pada chip Arduino ( ATmega8 , ATmega168 , ATmega328P , atau ATmega1280 ).

A/D converter (Konverter A / D)


The ATmega kontroler digunakan untuk Arduino mengandung onboard 6 channel (8 saluran pada Mini dan Nano, 16 di Mega) analog-ke-digital (A / D) converter. Konverter memiliki resolusi 10 bit, mengembalikan bilangan bulat dari 0 hingga 1023. Sementara fungsi utama pin analog untuk sebagian besar pengguna Arduino adalah membaca sensor analog, pin analog juga memiliki semua fungsi pin input / output (GPIO) tujuan umum. (sama dengan pin digital 0 - 13).

Akibatnya, jika pengguna membutuhkan pin output input tujuan umum yang lebih banyak, dan semua pin analog tidak digunakan, pin analog dapat digunakan untuk GPIO.


Pin mapping (Pemetaan pin)

Pin analog dapat digunakan secara identik dengan pin digital, menggunakan alias A0 (untuk input analog 0), A1, dll. Misalnya, kode akan terlihat seperti ini untuk mengatur pin analog 0 ke output, dan untuk mengaturnya TINGGI :

pinMode (A0, OUTPUT);
digitalWrite (A0, HIGH);

Pull-up resistors (Resistor penarik)


Pin analog juga memiliki resistor pull-up, yang bekerja secara identik dengan pull-up resistor pada pin digital. Mereka diaktifkan dengan mengeluarkan perintah seperti

pinMode (A0, INPUT_PULLUP); // atur pull-up pada pin analog 0 
Perlu diketahui bahwa menyalakan pull-up akan memengaruhi nilai yang dilaporkan oleh analogRead ().


Details and Caveats (Detail dan Peringatan)


Perintah analogRead tidak akan berfungsi dengan benar jika pin sebelumnya telah diatur ke output, jadi jika ini yang terjadi, atur kembali ke input sebelum menggunakan analogRead. Demikian pula jika pin telah disetel ke TINGGI sebagai output, resistor pull-up akan diatur, ketika beralih kembali ke input.

The ATmega datasheet juga memperingatkan terhadap beralih pin analog dalam jarak temporal yang dekat untuk membuat A / D pembacaan (analogRead) pada pin analog lainnya. Ini dapat menyebabkan kebisingan listrik dan memperkenalkan jitter dalam sistem analog. Mungkin diinginkan, setelah memanipulasi pin analog (dalam mode digital), untuk menambahkan penundaan singkat sebelum menggunakan analogRead () untuk membaca pin analog lainnya.


REFERENSI

  • [1] https://www.arduino.cc/en/Tutorial/AnalogInputPins


    Disqus comments