Pengenalan Arduino - TeachMeSoft

Pengenalan Arduino

Pengenalan Arduino

Apa itu Arduino?


Arduino adalah platform elektronik sumber terbuka berdasarkan perangkat keras dan lunak yang mudah digunakan. Papan Arduino dapat membaca input - cahaya pada sensor, jari pada tombol, atau pesan Twitter - dan mengubahnya menjadi output - mengaktifkan motor, menyalakan LED, menerbitkan sesuatu secara online. Anda dapat memberi tahu dewan Anda apa yang harus dilakukan dengan mengirimkan serangkaian instruksi ke mikrokontroler di papan tulis. Untuk melakukannya, Anda menggunakan bahasa pemrograman Arduino (berdasarkan Pengkabelan ), dan Perangkat Lunak Arduino (IDE) , berdasarkan Pemrosesan .

Selama bertahun-tahun Arduino telah menjadi otak ribuan proyek, dari objek sehari-hari hingga instrumen ilmiah yang kompleks. Komunitas pembuat di seluruh dunia - pelajar, penggemar, seniman, programmer, dan profesional - telah berkumpul di sekitar platform open-source ini, kontribusi mereka telah menambah jumlah pengetahuan yang dapat diakses yang luar biasa yang dapat sangat membantu bagi para pemula dan pakar.

Arduino dilahirkan di Ivrea Interaction Design Institute sebagai alat yang mudah untuk membuat prototipe cepat, yang ditujukan untuk siswa tanpa latar belakang dalam bidang elektronik dan pemrograman. Segera setelah mencapai komunitas yang lebih luas, papan Arduino mulai berubah untuk beradaptasi dengan kebutuhan dan tantangan baru, membedakan penawarannya dari papan 8-bit sederhana hingga produk untuk aplikasi IoT , wearable, pencetakan 3D, dan lingkungan tertanam. Semua papan Arduino sepenuhnya open-source, memberdayakan pengguna untuk membangunnya secara mandiri dan akhirnya menyesuaikannya dengan kebutuhan khusus mereka. Perangkat lunak ini juga bersifat open-source, dan terus berkembang melalui kontribusi pengguna di seluruh dunia.


Kenapa Arduino?


Berkat pengalaman pengguna yang sederhana dan dapat diakses, Arduino telah digunakan di ribuan proyek dan aplikasi yang berbeda. Perangkat lunak Arduino mudah digunakan untuk pemula, namun cukup fleksibel untuk pengguna tingkat lanjut. Ini berjalan di Mac, Windows, dan Linux. Guru dan siswa menggunakannya untuk membangun instrumen ilmiah berbiaya rendah, untuk membuktikan prinsip-prinsip kimia dan fisika, atau untuk memulai pemrograman dan robot. Desainer dan arsitek membangun prototipe interaktif, musisi dan seniman menggunakannya untuk instalasi dan untuk bereksperimen dengan instrumen musik baru. Pembuat, tentu saja, menggunakannya untuk membangun banyak proyek yang dipamerkan di Maker Faire, misalnya. Arduino adalah alat utama untuk mempelajari hal-hal baru. Siapa pun - anak-anak, penggemar, seniman, programmer - dapat mulai bermain-main hanya dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah dari sebuah kit,

Ada banyak platform mikrokontroler dan mikrokontroler lain yang tersedia untuk komputasi fisik. Parallax Basic Stamp, BX-24 Netmedia, Phidgets, Handyboard MIT, dan banyak lainnya menawarkan fungsionalitas serupa. Semua alat ini mengambil perincian berantakan pemrograman mikrokontroler dan membungkusnya dalam paket yang mudah digunakan. Arduino juga menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler, tetapi menawarkan beberapa keuntungan bagi guru, siswa, dan amatir yang tertarik terhadap sistem lain:
  • Murah Papan Arduino relatif murah dibandingkan platform mikrokontroler lainnya. Versi paling murah dari modul Arduino dapat dirakit dengan tangan, dan bahkan modul Arduino pra-rakitan harganya kurang dari $ 50
  • Cross-platform
    Arduino Software (IDE) berjalan pada sistem operasi Windows, Macintosh OSX, dan Linux. Sebagian besar sistem mikrokontroler terbatas pada Windows.
  • Lingkungan pemrograman yang sederhana dan jelas
    Arduino Software (IDE) mudah digunakan untuk pemula, namun cukup fleksibel bagi pengguna tingkat lanjut untuk memanfaatkannya juga. Bagi para guru, ini berdasarkan pada lingkungan pemrograman Pemrosesan, sehingga siswa yang belajar memprogram di lingkungan itu akan terbiasa dengan cara kerja Arduino IDE.
  • Perangkat lunak open source dan extensible
    Perangkat lunak Arduino diterbitkan sebagai alat sumber terbuka, tersedia untuk ekstensi oleh pemrogram berpengalaman. Bahasa dapat diperluas melalui pustaka C ++, dan orang yang ingin memahami detail teknis dapat membuat lompatan dari Arduino ke bahasa pemrograman AVR C yang menjadi basisnya. Demikian pula, Anda dapat menambahkan kode AVR-C langsung ke program Arduino Anda jika Anda mau.
  • Sumber terbuka dan perangkat keras yang dapat dikembangkan
    Rencana papan Arduino diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons, sehingga desainer sirkuit yang berpengalaman dapat membuat versi modul mereka sendiri, memperluasnya dan memperbaikinya. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membangun versi papan tempat memotong roti modul untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.


REFERENSI

  • [1] https://www.arduino.cc/en/Guide/Environment
  • [2] https://www.arduino.cc/en/Guide/HomePage 
  • [3] https://www.arduino.cc/reference/en/


    Disqus comments