Komponen Sirkit dan Simbol ESS | Tutorial Bahasa Indonesia #4 - TeachMeSoft

Senin, 23 Juli 2018

Komponen Sirkit dan Simbol ESS | Tutorial Bahasa Indonesia #4


Assallammualaikum Sahabat Teach Me...

Software ESS sendiri tidak terlalu banyak memiliki  simbol, jadi akan lebih mudah untuk dipelajari dengan cepat.

Ada bebrapa simbol yang terdapat di ESS antara lain :
 Contactor
 Normally opened contact (NO)
 Normally closed contact (NC)
 Start button
 Stop button
 Jog button
 Limit switch
 Time relay (on delay)
 Time relay (off delay)
 Lamp

Untuk mendesain rangkaian, anda perlu menambahkan komponen dan menghubungkannya dengan benar. Untuk menambahkan komponen, cukup klik pada komponen yang ingin Anda tambahkan dan seret ke posisi yang diinginkan dan klik lagi untuk melepaskan komponen. Setelah komponen ditambahkan Anda dapat dengan mudah memindahkannya dengan menyeretnya dan melepaskannya di posisi yang diinginkan.


Untuk memberikan nama yang sesuai, klik komponen pada label yang terletak di bagian atas komponen dan ketik nama baru di atasnya. Semua komponen harus diberi nama untuk menjalankan rangkaian. Nama untuk kontaktor NO dan NC dipilih di antara kontaktor dan relai waktu. Oleh karena itu, kontaktor dan relai waktu harus dinamai sebelumnya. Relai waktu memiliki pengatur waktu yang terletak di bagian bawah komponen. Untuk mengatur timer, klik timer dan ketik nilai baru .

Untuk menggambar garis koneksi antara dua komponen gerakkan pointer mouse Anda ke titik koneksi komponen. Ketika titik koneksi muncul, tekan tombol kiri mouse pada titik itu dan seret mouse Anda ke titik koneksi, garis atau simpul lainnya. Ketika titik koneksi muncul lepaskan tombol mouse. Sementara menggambar garis itu akan muncul sebagai garis tebal biru. Ketika koneksi dibuat, garis akan dikonversi menjadi hitam jika tidak akan tetap berwarna biru. Setelah garis koneksi ditarik Anda dapat dengan mudah memindahkannya dengan menariknya dan melepaskannya di posisi yang diinginkan.


Untuk menghapus komponen atau garis pilih dengan menekan tombol CTRL . Anda dapat memilih banyak komponen dan garis sambil menekan tombol CRTLKomponen yang dipilih akan muncul dalam bingkai dan garis akan dikonversi menjadi merah. Ketika Anda memilih komponen, jalur yang terhubung ke komponen itu juga akan dipilih.Setelah memilih klik pada tombol Hapus di bilah alat atau tekan tombol hapus di keyboard. Untuk membatalkan pilihan komponen, klik pada komponen apa pun tanpa menekan tombol CTRL .



Untuk lebih jelas, silakan simak video tutorial berikut :


Disqus comments