Apa Itu using namespace std dan Fungsinya - TeachMeSoft

Jumat, 28 Desember 2018

Apa Itu using namespace std dan Fungsinya

Apa Itu using namespace std dan Fungsinya
Jika kamu telah melihat kode C ++ sebelumnya, Kamu mungkin telah melihat cout yang sedang digunakan std::cout. Keduanya menamai objek yang sama: yang pertama menggunakan namanya yang tidak memenuhi syarat ( cout), sedangkan yang kedua memenuhi syarat langsung di dalam namespace std (sebagai std::cout).

cout adalah bagian dari pustaka standar, dan semua elemen dalam pustaka C ++ standar dideklarasikan di dalam apa yang disebut namespace : namespace std.

Untuk merujuk pada elemen-elemen di stdnamespace, sebuah program harus memenuhi syarat setiap penggunaan elemen-elemen perpustakaan (seperti yang telah kita lakukan dengan mengawali coutdenganstd::), atau memperkenalkan visibilitas komponennya. Cara paling umum untuk memperkenalkan visibilitas komponen ini adalah dengan menggunakan deklarasi :

1
using namespace std;

Deklarasi di atas memungkinkan semua elemen di stdnamespace diakses secara wajar tanpa pengecualian (tanpa std::awalan).

Dengan mengingat hal ini, contoh terakhir dapat ditulis ulang untuk menggunakan coutsebagai:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
// Program saya
#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
  cout << "Hello World! ";
  cout << "Nama ku Imam";
}

Tampilan run program


Kedua cara mengakses elemen stdnamespace (kualifikasi eksplisit dan menggunakan deklarasi) valid dalam C ++ dan menghasilkan perilaku yang sama persis. Untuk kesederhanaan, dan untuk meningkatkan keterbacaan, contoh-contoh dalam tutorial ini akan lebih sering menggunakan pendekatan yang terakhir ini dengan menggunakan deklarasi, meskipun perhatikan bahwa kualifikasi eksplisit adalah satu-satunya cara untuk menjamin bahwa tabrakan nama tidak pernah terjadi. Namespaces dijelaskan secara lebih rinci di bab selanjutnya.





Disqus comments