Penjelasan Mengenai Sistem Kredit Semester (SKS) - TeachMeSoft

Penjelasan Mengenai Sistem Kredit Semester (SKS)

Apa itu Sistem Kredit Semester (SKS) ?

Assalammualaikum teman-teman....
Ada beberapa Isilah-istilah perkuliahan yang belum familiar ditelinga kita, Salah satunya adalah SKS. SKS disini bukan Sistem kebut Semalam melainkan Satuan Kredit Semester. Perlu teman-teman ketahui bahwa Politeknik dan Universitas memiliki sistem perkuliahan yang berbeda.

Salah satu contoh di Politeknik teman-teman akan melakukan perkuliahan seperti layaknya sekolah dulu, maksudnya semua SKS, modul, praktek, modul dll, telah ditentukan dan diatur pihak Politeknik, jadi lebih enak dan ngak perlu repot-repot, tentunya ada plus dan minusnya, sedangkan di Universitas menggungkan sistem SKS. Apa itu SKS mari kita simak penjelasan berikut :

Apa itu Satuan kredit Semester (SKS) ?

Satuan kredit Semester (SKS) adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu.

Satuan kredit Semester (SKS) ini juga digunakan untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.

Semester merupakan satuan waktu proses pembelajaran efektif paling sedikit 16 minggu termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).


Karakteristerk Sistem Kredit Semester

Sistem kredit semester memiliki karakteristik pokok sebagai berikut :
  1. Tidak dikenal istilah kenaikan kelas atau tingkat pada setiap tahun akademik.
  2. Komposisi dan banyaknya mata kuliah yang ditempuh pada setiap semester dan bobot SKS yang diambil tidak harus sama antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa lainya, kecuali untuk mahasiswa baru semester pertama berupa paket mata kuliah yang sudah ditentukan demi untuk memudahkan mahasiswa.
  3. Banyaknya SKS yang ditempuh atau diambil oleh seorang mahasiswa pada semester tertentu ditentuntukan oleh prestasi pada semester sebelumnya yang ditunjukan oleh indeks prestasi (IP) semester. Beban belajar mahasiswa setelah 2 (dua) semester pada tahun akademik yang pertama dapat mengambil maksimum 24 SKS per semester pada semester berikutnya.


Keunggulan Sistem Kredit Semester

Sistem kredit semester memiliki keunggulan sebagai berikut:
  1. Mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi berkesempatan menyelesaikan studinya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  2. Dalam bata-batas tertentu mahasiswa memiliki kesempatan untuk memilih kegiatan belajar (pola pengambilan mata kuliah) yang paling sesuai dengan minat, bakat, dan kesempatan masing-masing.

Ref : Buku Panduan Akademik (UTY)
Disqus comments